Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Terbuka Masalah Keuangan Sebelum Menikah

Kompas.com - 25/04/2017, 19:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu pencetus masalah yang sering muncul sebelum menikah, bahkan setelah menikah adalah masalah keuangan.

Menurut perencana keuangan, Budi Raharjo, CFP, hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum Anda menikah adalah terbuka soal kondisi keuangan Anda.

“Jangan sampai sebelum menikah terlihat sukses, memiliki mobil dan rumah, namun setelah menikah ketahuan bahwa semua itu adalah hutang,” ujar Budi saat diwawancarai beberapa waktu lalu, usai peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta.

Untuk itu, terutama para pria, sangat penting untuk terbuka masalah keuangan dengan pasangan sebelum menikah.

Sehingga, pasangan bisa mengetahui dan mengerti tentang kondisi keuangan Anda.

Apalagi, dalam budaya timur, pria dianggap sebagai sosok pencari nafkah. Jangan sampai pasangan kecewa setelah menikah, karena hutang Anda lebih banyak dari pendapatan.

Meski tak menutup kemungkinan, istri bekerja untuk membantu keuangan rumah tangga. Akan lebih baik jika Anda dan pasangan saling terbuka sebelum pernikahan. Anda dan pasangan pun dapat mencari solusinya bersama dan menyusun strategi keuangan rumah tangga bersama.

Menurut Budi, keterbukaan masalah keuangan ini dapat mengurangi permasalahan antara pasangan. Alhasil keduanya dapat saling memahami satu sama lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com