Kompas.com - 25/04/2017, 19:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Salah satu pencetus masalah yang sering muncul sebelum menikah, bahkan setelah menikah adalah masalah keuangan.

Menurut perencana keuangan, Budi Raharjo, CFP, hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum Anda menikah adalah terbuka soal kondisi keuangan Anda.

“Jangan sampai sebelum menikah terlihat sukses, memiliki mobil dan rumah, namun setelah menikah ketahuan bahwa semua itu adalah hutang,” ujar Budi saat diwawancarai beberapa waktu lalu, usai peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta.

Untuk itu, terutama para pria, sangat penting untuk terbuka masalah keuangan dengan pasangan sebelum menikah.

Sehingga, pasangan bisa mengetahui dan mengerti tentang kondisi keuangan Anda.

Apalagi, dalam budaya timur, pria dianggap sebagai sosok pencari nafkah. Jangan sampai pasangan kecewa setelah menikah, karena hutang Anda lebih banyak dari pendapatan.

Meski tak menutup kemungkinan, istri bekerja untuk membantu keuangan rumah tangga. Akan lebih baik jika Anda dan pasangan saling terbuka sebelum pernikahan. Anda dan pasangan pun dapat mencari solusinya bersama dan menyusun strategi keuangan rumah tangga bersama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Budi, keterbukaan masalah keuangan ini dapat mengurangi permasalahan antara pasangan. Alhasil keduanya dapat saling memahami satu sama lain.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X