Kompas.com - 26/04/2017, 12:16 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apa yang digambarkan dalam film-film tentang amnesia dan kehilangan memori jangka pendek seringkali keliru. Ketahui apa perbedaan dua gangguan daya ingat itu dan penyebabnya.

Ketika seseorang mengalami kehilangan memori jangka pendek, ia masih bisa mengingat kejadian dari 20 tahun lalu tetapi ingatannya kabur pada detail kejadian 20 menit yang baru terjadi.

Memori jangka pendek adalah informasi yang seseorang pikirkan pada saat ini atau ia sadari. Memori ini disebut juga sebagai memori aktif atau memori dasar. Ingatan ini disimpan di bagian otak depan (frontal lobe).

Kejadian yang baru kita alami atau data sensori seperti suara akan disimpan di memori jangka pendek. Pada dasarnya semua yang kita alami dalam waktu 30 detik sampai beberapa hari disimpan dalam memori jangka pendek.

Ada beberapa penyebab kehilangan memori jangka pendek, beberapa disebabkan kondisi medis dan juga karena cidera dan pengaruh lingkungan lainnya.

Penyakit yang bisa berpengaruh pada kemampuan mengingat adalah yang terjadi di organ otak. Salah satunya anurisme otak atau pembengkakan pada dinding pembuluh darah otak. Bila pembengkakan itu pecah, bisa menyebabkan perdarahan di sekeliling otak.

Tumor otak juga akan memengaruhi daya ingat. Pengobatan kanker, trauma pada kepala, infeksi otak, dan juga stroke, bisa menyebabkan gangguan memori jangka pendek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekurangan oksigen di otak juga berakibat sama. Penggunaan alkohol dan narkoba, epilepsi, kejang, operasi pintas jantung, serta depresi, merupakan penyebab lain kehilangan memori jangka pendek.

Amnesia

Kehilangan memori jangka pendek berbeda dengan amnesia. Pada kondisi yang kedua seseorang akan kehilangan memori, seperti fakta, informasi, dan pengalaman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.