Kompas.com - 27/04/2017, 12:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Hingga kini belum ada penyebab pasti migrain. Jenis sakit kepala yang seringkali disertai mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya maupun suara ini memengaruhi sekitar 1 dari 7 orang dewasa.

Tapi kini, para ilmuwan telah menemukan sebuah hasil yang dapat membantu Anda mengatasi migrain.

Ilmuwan memaparkan, saat seseorang mengalami kenaikan berat badan, maka risiko untuk terserang sakit kepala, khususnya migrain, juga ikut meningkat.

Sehingga, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung melaporkan sakit kepala maupun migrain lebih sering, tulis studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology.

Setelah menganalisis hasil dari 12 penelitian yang melibatkan lebih dari 285.000 peserta, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan dengan indeks massa tubuh di atas 30, maka 27 persen lebih mungkin mengalami sakit kepala maupun migrain lebih sering ketimbang peserta dengan berat badan ideal.

Peneliti memperkirakan, jaringan lemak berlebih yang mengeluarkan berbagai bahan kimia di seluruh tubuh, memiliki peran dalam memicu migrain.

Apalagi, lemak tubuh berlebih juga terkait dengan peningkatan peradangan, yang dapat berkontribusi pada gangguan rasa sakit dan nyeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mencoba menurunkan berat badan kemungkinan besar dapat mengurangi migrain, kata para peneliti, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan seberapa besar pengaruh upaya penurunan berat badan mempengaruhi risiko sakit kepala.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, baik sakit kepala yang berlangsung singkat atau dalam beberapa hari, atau adanya perubahan tingkat pada sakit kepala Anda, buat janji dengan dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Tetapi jika Anda memiliki "sakit kepala terburuk dalam hidup Anda", sakit kepala yang terjadi dengan hebat atau eksplosif, atau sakit kepala yang disertai dengan halusinasi, perubahan dalam penglihatan, atau kebingungan, segeralah bergegas ke UGD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.