Kompas.com - 27/04/2017, 14:05 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Satu-satunya hal yang lebih buruk dari membenci pekerjaan Anda adalah, merasa tak punya keberanian untuk berhentidan mengundurkan diri, karena Anda tak tahu pekerjan lain apa yang bisa membuat Anda lebih bahagia.

Bill Burnett dan Dave Evans menyebutnya sebagai “jalan buntu”. Dan cara terbaik keluar dari jalan buntu itu adalahdengan membuat peta pikiran.

Burnett dan Evans adalah partner mengajar sebuah kelas yang disebut “Designing Your Life” di program desain Universitas Stanford.

Mereka juga telah menerbitkan buu dengan judul yang sama. Dalam bukunya mereka mmenjelaskan bagaimana menciptakan peta pikiran dan mengapa itu berhasil.

Peta pikiran adalah hasil nyata dari permainan bebas yang terkait dengan karir Anda. Beginilah cara memulai:

Langkah 1: Pilih topik

Pilih satu hal yang bisa membuat Anda bahagia. Misalnya, Anda senang bertemu orang dan merancang sebuah acara, event organizer atau public relations bisa menjadi pilihan.

Langkah 2: Tuliskan lima atau enam hal terkait ide asli

Ambil hal pertama yang muncul di pikiran Anda. Kemudian tuliskan lima atau enam kata terkait hal tersebut.

Ulangi proses pikiran bebas ini untuk kedua kalinya, temukan hal kedua yang muncul di pikiran, tuliskan lima kata terkait hal itu dan terus lanjutkan sampai Anda memiliki tiga hal. Beri jeda lima menit sebelum memikirkan hal baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.