Kompas.com - 27/04/2017, 15:07 WIB
Berlari di luar ruang oneinchpunchBerlari di luar ruang
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lari marathon kini menjadi gaya hidup yang sedang "naik daun". Berbagai event mulai dari peringatan momen tertentu hingga charity menawarkan lomba lari maraton.

Bisa dibilang, lari maraton kini menjadi ajang bergengsi yang membuat banyak orang berloba-lomba untuk ikut serta.

Dampak lari maraton untuk kesehatan tubuh tentu tak diragukan lagi, di antaranya membantu menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan jantung, dan membuat tubuh lebih bugar.

Meski demikian, ada baiknya berhati-hati saat memutuskan ikut lomba lari maraton. Pasalnya, lari maraton bisa menyebabkan kerusakan ginjal karena tubuh kepanasan dan dehidrasi.

Seiring berkembangnya popularitas lari maraton belakangan ini, penelitian menemukan bahwa 82 persen pelari mengalai cedera ginjal jangka pendek setelah melewati garis finish.

Bahaya itu diyakini peneliti karena dehidrasi dan berkurangnya aliran darah ke ginjal, sehingga ginjal gagal menyaring limbah dari dalam darah.

Orang-orang yang mengikuti lomba lari maraton umumnya suhu tubuhnya meningkat hingga 40 derajat Celcius, menyebabkan tekanan panas dalam tubuh yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Cedera ginjal akut yang dihasilkan, ditemukan oleh para peneliti di Universitas Yale, memang hanya bertahan dua hari. Namun, kondisi sebenarnya dapat menyebabkan gagal ginjal di mana kondisi ini biasanya hanya terjadi pada orang tua yang sakit.

Studi terhadap 22 pelari maraton ini menimbulkan pertanyaan mengenai dampak jangka panjang seseorang yang melakukan lari maraton hingga 40 kilometer, terlepas dari manfaat penurunan berat badan dan kesehatan pada umumnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.