Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2017, 06:11 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber D'marge

KOMPAS.com – Anda setiap hari mandi sebelum berangkat beraktivitas. Anda pun berpikir bahwa Anda sudah menguasai keterampilan dan kebiasaan terbaik saat mandi.

Namun, tahukah Anda bahwa kebanyakan pria melakukan kesalahan dasar dalam ritual membersihan dan menyegarkan tubuh ini. Berikut uraiannya:

Tidak membersihkan peralatan mandi dan kamar mandi

Bukanlah sebuah pengetahuan ilmiah bahwa jika kamar mandi Anda tidak bersih, maka bagaimana tubuh Anda akan bersih?

Peralatan mandi dan kamar mandi yang tidak bersih bisa menjadi sarang jamur dan bakteri.

Jadi, biasakanlah menyemprotkan cairan pembersih dan tinggalkan selama 10 menit sebelum Anda mulai menggosok lantai, dinding, serta bak mandi.

Lakukan kebiasaan ini sekurang-kurangnya satu minggu sekali.

Tidak menggunakan sabun batangan
Banyak orang berpikir bahwa sabun batangan mudah terikat dengan bakteri dan kotoran. Anda salah.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, sabun batangan tidak mentransfer bakteri ke tubuh Anda.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah loofah (sabut mandi). Sebab, lapisan kulit mati paling atas dari tubuh Anda mudah menempel pada loofah dan jika tidak dibersihkan bisa berubah menjadi kotoran.

Terlalu sering mandi dengan air panas
Mandi dengan air panas sembari menikmati waktu rileksasi tidak baik untuk kulit Anda. Sebab, air panas bisa mengurangi produksi minyak natural pada tubuh yang berguna untuk melembabkan kulit.

Para pakar menyarankan lebih baik mandi dengan air hangat dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Terlalu bertenaga
Tanggalkan semua kemaskulinan Anda kala mandi. Maksudnya, jangan terlalu kuat dalam menggosok kulit dengan sabun atau saat mencuci wajah. Sebab, kulit adalah bagian tubuh yang halus dan sensitif. Gerakan yang terlalu kuat bisa menimbulkan luka dan goresan.

Usai mandi disarankan jangan terlalu kencang saat mengeringkan tubuh dengan handuk. Tepuk-tepuk tubuh Anda dan keringkan dengan gerakan perlahan-lahan.

Hanya mandi di pagi hari
Mandi sore usai beraktivitas sama pentingnya dengan mandi pagi. Sebab, kotoran pada kulit tubuh selama Anda di luar rumah menempel banyak kotoran dan bakteri. Jadi, biasakan diri untuk mandi dua kali sehari.

Tidak bersih saat membilas
Sebelum mengeringkan tubuh dengan handuk, maka pastikanlah tubuh Anda sudah bebas dari sisa sabun dan sampo.

Sebab, sisa produk mandi pada kulit menyebabkan iritasi, jerawat, dan masalah lainnya. Berikan perhatian lebih pada bagian punggung Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber D'marge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com