Kompas.com - 28/04/2017, 13:49 WIB
ILUSTRASI - Penumpang di pesawat ShutterstockILUSTRASI - Penumpang di pesawat
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Anda tidak bisa berkelit ketika “dorongan” alamiah dari tubuh datang dan mengharuskan Anda untuk segera menuntastkannya. Jarak sejauh 3.000 kaki dari atas langit pun tidak bisa menjadi alasan untuk meredakan dorongan tersebut.

Anda yang sering berpergian jarak jauh dengan waktu tempuh berjam-jam pasti memahami bahwa “desakan” alamiah harus diselesaikan di toilet pesawat.

Umumnya, tidak semua orang cukup nyaman dengan toilet umum tak terkecuali toilet pesawat.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, seorang mantan pramugari, Erika Roth, memberikan beberapa tips mengenai waktu yang tepat untuk menggunakan toilet pesawat.

Roth mengatakan tak sedikit penumpang yang membutuhkan waktu privasi di dalam toilet agak lebih lama tanpa mengkhawatirkan adanya antrean panjang di luar pintu.

Roth menyarankan bahwa waktu paling tepat menggunakan toilet pesawat adalah setelah tanda menggunakan sabuk pengaman telah padam. Selain itu, waktu sebelum minuman dan makanan disajikan juga merupakan waktu yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada waktu-waktu yang disarankan oleh Roth tersebut, penumpang bisa memiliki setidaknya 10 menit berada di dalam toilet tanpa gangguan ketukan pintu dari arah luar.

Namun, pastikan jangan lebih dari 10 menit. Sebab, pramugari pasti akan mengetuk atau memeringati penumpang yang memakai toilet lebih dari 20 menit.

Para penumpang yang sudah familiar dengan ritual penerbangan berjarak tempuh panjang, kata Roth, pastinya lebih memilih menggunakan toilet di bandara sebelum waktu keberangkatan.

Roth juga memaparkan bahwa setiap penumpang boleh meminta sekantung biji kopi pada pramugari demi menghilangkan aroma tidak sedap di toilet.

“Biasanya pramugari sudah tahu apa yang akan Anda lakukan ketika meminta biji kopi, tetapi itu merupakan permintaan yang manusiawi,” ujar Roth.

Selain untuk kenyamanan penumpang lain, biji kopi yang berfungsi untuk meredakan dan menyerap bau tidak sedap juga bisa memengaruhi perjalanan selama berada di pesawat.

Sebab, beberapa waktu lalu, pesawat SpiceJet terpaksa mendarat darurat karena ketidaknyamanan aroma kurang sedap yang terhirup seluruh penumpang hingga ke ruang kendali pilot.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.