Kompas.com - 28/04/2017, 14:39 WIB
Anak yang bersyukur thinkstockAnak yang bersyukur
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

“Kamu harus lebih banyak bersyukur,” itulah kalimat yang sering saya sampaikan pada anak saya. Saya mengatakan hal itu ketika anak saya merajuk minta mainan baru padahal di rumah dia sudah memiliki banyak mainan. Atau ketika dia merengek minta burger padahal di rumah sudah disiapkan makanan-makanan sehat.

Masalahnya sekedar berkata seperti itu saja tidak cukup. Konsep bersyukur memang cukup sulit untuk dijelaskan pada anak. Namun menurut Holly Holmer, pakar bidang pendidikan dan aktivitas anak, ada banyak cara mengajarkan anak bersyukur, antara lain dengan melalui contoh dan hal-hal sederhana, seperti 5 hal berikut:

Ucapkan Terimakasih

Ajarkan anak mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang membantu dia sehari-hari. Baik terhadap asisten rumah tangga yang membantu dia menyiapkan pakaian, kepada satpam komplek yang membukakan pintu, atau kepada penjual makanan di kantin sekolah.

Jadikan ucapan terimakasih sebagai kebiasaan namun bukan basa basi. Biarkan anak mengambil waktu lebih lama saat mengucapkan terimakasih pada seseorang. Dengan begitu ucapan itu lebih bermakna karena terjadi interaksi.

Kata Dalai Lama: “Saat kita mengucap syukur dan berterimakasih, terkandung rasa hormat kita pada orang lain.”

Beri contoh

Kita mungkin mengajarkan anak untuk berterimakasih. Tapi apakah kita juga memiliki kebiasaan yang sama? Kita perlu berterimakasih bukan saja kepada teman-teman atau orang dewasa lain yang membantu kita, namun juga pada anak kita bila ia melakukan sesuatu yang baik. Hal itu menunjukkan bahwa kita mengetahui dan menghargai usaha mereka.

Ucapan, “Terimakasih ya kamu sudah belajar rajin” misalnya, akan membuat anak merasa senang bahwa usahanya dihargai. Dia pun akan belajar menghargai usaha orang lain.

Ungkapan terimakasih atau syukur juga perlu kita ucapkan untuk hal-hal yang kita miliki. Hal itu bisa kita sebutkan dalam doa makan bersama anak-anak, atau dalam berbagai kesempatan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X