Menopause Bukan "Kiamat" untuk Kaum Wanita!

Kompas.com - 28/04/2017, 16:28 WIB
Ilustrasi jogging thinkstock/JupiterimagesIlustrasi jogging
|
EditorSri Noviyanti

KOMPAS.com - Wanita yang telah memasuki masa menopause ternyata masuk ke dalam kelompok yang berisiko tinggi terserang osteoporosis.

Penyakit tulang ini pun dapat membatasi kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir. Karena itu, menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot sejak muda pun menjadi salah satu langkah yang penting dilakukan.

Menurut data Kementerian Kesehatan yang dilansir pada 2015, 1 dari 4 wanita berusia 50-80 tahun di Indonesia menderita osteoporosis.

Risiko perempuan menderita masalah degeneratif itu juga disebut 4 kali lebih besar daripada laki-laki, merujuk hasil riset International Osteoporosis Foundation.

Muhammed Majeed, pendiri laboratorium farmasi Sami Labs, mengatakan wanita lebih rentan terkena osteoporosis karena kerap mengalami perubahan hormon. Menjelang masuk masa menopause kadar hormon estrogen mereka pun menurun secara signifikan.

“Penurunan jumlah estrogen berpengaruh terhadap ketidak seimbangan antara pembentukan dan penyerapan jaringan tulang sehingga tulang mengalami degenerasi dan menjadi lebih rapuh,” ujar Majeed, seperti dikutip deccanchronicle.com, Rabu (1/6/2016).

Tak hanya itu, lanjut Majeed, wanita juga cenderung kurang memperhatikan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Menurutnya, rendahnya perhatian mereka akan nutrisi ini disebabkan terlalu sibuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Pendapat tersebut dibuktikan oleh Survei Kesehatan Wanita Indonesia 2017 yang dilakukan Fonterra Brand Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI).

Studi terhadap 500 partisipan itu memaparkan, 66 persen wanita mengerjakan paling sedikit sembilan pekerjaan sehari, seperti memasak, membersihkan rumah, dan mencuci pakaian.

thinkstock/bennymarty Ilustrasi wanita sibuk

Survei tersebut menyebutkan pula bahwa 9 dari 10 wanita mengaku tidak mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Sementara itu, 8 dari 10 responden tidak berolahraga secara rutin.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X