Kompas.com - 29/04/2017, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Biji kopi yang segar adalah faktor penting dalam enak tidaknya minuman hitam ini. Untuk mengetahui kesegaran biji kopi, menilai dari aroma yang kuat dan harum saja ternyata tidak tepat.

Menurut Doddy Samsura, juara Indonesia Barista Competition 2012, rahasia mendapatkan kopi yang nikmat adalah kesegaran biji kopi yang dipakai. Ini berarti, kopi yang baru di-roasting.

"Untuk mendapatkan seluruh potensi kopi, yaitu karateristik dan cita rasanya yang unik, gunakan biji kopi yang fresh. Semakin dekat dengan tanggal kopi itu di-roasting, semakin fresh kopinya," kata Doddy.

Ia menjelaskan, pada beberapa produk kopi biasanya dicantumkan tanggal roasting-nya. "Maksimal satu bulan setelah tanggal itu kualitas kopi masih baik," ujarnya.

Secara visual, sebenarnya kesegaran kopi bisa diketahui dari ada tidaknya crema (minyak kopi) setelah kopi diseduh dengan mesin espresso. Namun, hal ini tentu hanya bisa dilakukan di kedai kopi karena jarang orang yang memiliki mesin ini di rumah.

"Kalau serba manual atau tidak pakai mesin, memang yang paling gampang dengan membeli biji kopi yang dekat dengan tanggal roasting karena kualitasnya masih bagus," ujar Doddy.

Menilai kesegaran kopi dari aromanya saja menurut Doddy tidak tepat. "Kopi gampang terkontaminasi lingkungan sekitar, rawan mengalami penurunan kualitas jika terpapar sinar matahari, ditaruh di tempat lembab, atau kena udara. Makin lama terpapar, makin turun mutunya," katanya.

Untuk itu kopi sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan kedap. "Jangan taruh di toples, tapi tetap di kemasannya. Kalau di rumah, jangan simpan kopi di dapur karena biasanya dapur adalah tempat paling panas. Simpan saja kopi di rak yang temperaturnya terjaga," ujarnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.