Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang, Semakin Banyak Pria yang Terlibat pada Pola Asuh Anak

Kompas.com - 30/04/2017, 15:04 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber babycentre

KOMPAS.com – Ayah yang banyak terlibat dalam pola asuh anak dan ayah yang tinggal di rumah untuk menjaga serta merawat anak jumlahnya semakin meningkat. Setidaknya begitulah laporan dari NPR, National Public Radio, di AS.

Kehadiran ayah rumah tangga ini menghadirkan pandangan baru dalam sebuah keluarga dan mengubah pola asuh di masa depan.

Menurut survei yang digagas oleh Pew Research Center menemukan bahwa semenjak tahun 1965 silam, keterlibatan ayah dalam pola asuh telah meningkat dua kali lipat.

Selain itu, semakin banyak pria dengan penghasilan yang lebih kecil ketimbang istri. Alhasil, para pria pun mengidentifikasikan diri sebagai ayah rumah tangga.

Menariknya, kebanyakan ayah zaman sekarang lebih memilih mendapatkan pengetahuan mengenai pola asuh anak dari buku dan meminta nasihat dari istri.

Kenyataan ini berbeda dengan wanita yang lebih banyak memperoleh dan mencari informasi soal pola asuh anak dari ibu mereka masing-masing.

Ternyata, kaum pria jarang meminta nasihat dan masukan dari orangtua sendiri soal pola asuh anak.

NPR juga melaporkan selain dari istri, para pria juga mendapatkan informasi soal pola asuh anak dari sesama teman dan rekan kerja di kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber babycentre

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com