Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tisu Pembersih Makeup Tak Bisa Gantikan Manfaat Cuci Muka

Kompas.com - 30/04/2017, 18:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Makeup remover wipes atau tisu basah khusus untuk membersihkan muka memang dapat menjadi cara praktis membersihkan makeup atau kotoran di wajah. Sayangnya, itu bukan pilihan sehat pengganti sabun cuci muka.

Menggunakan tisu pembersih makeup usai aktivitas padat memang dapat menghemat energi dan waktu. Anda tak perlu ke kamar mandi dan terkena cipratan air.

Namun Rachel Nazarian, M.D. dari Schweiger Dermatology Group mengatakan, tisu pembersih makeup ibarat makanan cepat saji; cepat, nyaman, dan puas.

Tapi, seperti yang dipaparkan dalam banyak penelitian, sesuatu yang instan, baik itu makanan atau tisu pembersih muka, bukanlah pilihan terbaik bila Anda menggunakannya setiap hari.

Sesekali boleh saja, saat Anda memang membutuhkan cara pembersihan muka yang cepat tanpa perlu ke kamar mandi.

Tisu tersebut dipenuhi dengan bahan kimia yang memungkinkan makeup dan kotoran dengan mudah dihapus, kata Nazarian, yang berarti mereka dapat meninggalkan residu kimia pada kulit.

Jika digunakan secara keliru, tisu tersebut justru mengotori kulit dengan makeup bukan menghilangkan partikel sepenuhnya.

Ditambah lagi, jika Anda menggunakan tisu yang mengandung alkohol, mereka bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

"Anda perlu memahami bahwa tisu pembersih makeup hanya dapat menggantikan toner pembersih makeup," jelas Nazarian. "Sehingga, kulit wajah tetap harus dibilas setelahnya.”

Sediakan tisu pembersih makeup bila Anda memang kerap bepergian jauh atau perlu membersihkan muka selama di perjalanan. Bila demikian, pilihlah produk yang super lembut dan bebas alkohol, kata Nazarian.

“Intinya, jika Anda akan menggunakan tisu pembersih makeup, Anda harus ingat untuk tetap membilas wajah Anda dengan sabun pembersih muka yang lembut dan air.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com