Kompas.com - 30/04/2017, 18:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makeup remover wipes atau tisu basah khusus untuk membersihkan muka memang dapat menjadi cara praktis membersihkan makeup atau kotoran di wajah. Sayangnya, itu bukan pilihan sehat pengganti sabun cuci muka.

Menggunakan tisu pembersih makeup usai aktivitas padat memang dapat menghemat energi dan waktu. Anda tak perlu ke kamar mandi dan terkena cipratan air.

Namun Rachel Nazarian, M.D. dari Schweiger Dermatology Group mengatakan, tisu pembersih makeup ibarat makanan cepat saji; cepat, nyaman, dan puas.

Tapi, seperti yang dipaparkan dalam banyak penelitian, sesuatu yang instan, baik itu makanan atau tisu pembersih muka, bukanlah pilihan terbaik bila Anda menggunakannya setiap hari.

Sesekali boleh saja, saat Anda memang membutuhkan cara pembersihan muka yang cepat tanpa perlu ke kamar mandi.

Tisu tersebut dipenuhi dengan bahan kimia yang memungkinkan makeup dan kotoran dengan mudah dihapus, kata Nazarian, yang berarti mereka dapat meninggalkan residu kimia pada kulit.

Jika digunakan secara keliru, tisu tersebut justru mengotori kulit dengan makeup bukan menghilangkan partikel sepenuhnya.

Ditambah lagi, jika Anda menggunakan tisu yang mengandung alkohol, mereka bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

"Anda perlu memahami bahwa tisu pembersih makeup hanya dapat menggantikan toner pembersih makeup," jelas Nazarian. "Sehingga, kulit wajah tetap harus dibilas setelahnya.”

Sediakan tisu pembersih makeup bila Anda memang kerap bepergian jauh atau perlu membersihkan muka selama di perjalanan. Bila demikian, pilihlah produk yang super lembut dan bebas alkohol, kata Nazarian.

“Intinya, jika Anda akan menggunakan tisu pembersih makeup, Anda harus ingat untuk tetap membilas wajah Anda dengan sabun pembersih muka yang lembut dan air.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.