Kompas.com - 03/05/2017, 08:00 WIB
Pilihlah kitchen set dengan warna dan bentuk yang menarik. Sesuaikan dengan tema dapur Anda agar serasi dan enak dipandang. Jika Anda bosan dengan dapur di dalam rumah, cobalah sedikit berkreasi. shutterstock.comPilihlah kitchen set dengan warna dan bentuk yang menarik. Sesuaikan dengan tema dapur Anda agar serasi dan enak dipandang. Jika Anda bosan dengan dapur di dalam rumah, cobalah sedikit berkreasi.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Keluarga muda kerap kali bingung memilih pelapis yang tepat untuk furnitur mereka di rumah. Karena kekurangan informasi, tak jarang mereka salah memilih. Padahal, pilihan yang tepat bisa mempercantik furnitur rumah seperti meja, kayu dan lemari pakaian.

Direktur FIO, distributor utama TIERO, suplier pelapis interior, Joko Tanoyo, mengatakan, keluarga muda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih pelapis yang tepat bagi furnitur rumah mereka. Setiap pelapis memiliki efek berbeda pada keseluruhan interior.

"Kalau keluarga muda saya anjurkan pilih yang natural, tahan lama," kata Joko di Suasana Kuningan Suites, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (2/5/2017).

Saran ini karena keluarga muda jarang memperbarui furnitur rumah. Pastikan model pelapis furnitur yang dipilih tak 'basi' selama satu dekade. Selain itu, kalau dari segi tekstur atau permukaan, Joko menyarankan memilih pelapis furnitur halus dan tidak terlalu banyak tekstur.

"Karena masalah dengan tekstur itu balik lagi ke maintenance (perawatan), karena keluarga muda biasanya sibuk, banyak kerjaan, ada anaknya. Mereka itu biasanya jarang bisa menggunakan produk tekstur," kata Joko.

Dia mencontohkan tekstur glossy atau berkilau tidak cocok bagi orang yang tdak begitu suka perawatan rumah. Karena produk dengan tekstur glossy lebih mudah lecet. Tekstur pelapis furnitur sejenis itu juga tak cocok bila digunakan untuk meja anak atau makan.

"Di industri kami lebih cenderung ke fungsi. Penggunannya untuk apa. Kalau digunakan table top (pelapis atas meja makan), saya (sarankan) gunakan yang doff aja," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian untuk pilihan model atau desain pelapis furnitur, Joko mengembalikan pada masing-masing individu. Sebab model pelapis furnitur beragam, mulai dari bermodel kayu, batu alam hingga kaca. "Kalau masalah motif balik ke personal taste," kata Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.