Kompas.com - 04/05/2017, 18:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Usia 20-an biasanya diisi dengan melakukan berbagai hal yang kita suka tanpa mempertimbangkan akibatnya. Misalnya saja menghabiskan gaji untuk belanja hobi, tidur larut malam, atau gonta-ganti pacar.

Usia 30 merupakan waktu yang ideal untuk mulai menata hidup demi mencapai target hidup dan karier impian. Transisi hidup ini akan berdampak jangka panjang, bahkan sampai tua.

Ketahui apa saja perubahan hidup yang perlu dilakukan setelah kita memasuki usia 30 tahun.

1. Berhenti merokok
Bila Anda sudah terlanjur merokok, berhentilah sekarang. Penelitian menunjukkan, berhenti merokok sebelum usia 40 tahun akan menurunkan risiko kematian sampai 90 persen dibanding dengan mereka yang melanjutkan kebiasaan ini.

2. Rutinitas tidur
Godaan untuk begadang lalu tidur seharian di akhir pekan memang sulit ditolak. Tetapi, mulailah menerapkan rutinitas tidur setiap hari. Tidurlah sebelum jam 11 malam selama 7-8 jam agar terbentuk irama sirkadian tubuh.

3. Mulai olahraga
Cobalah melakukan aktivitas fisik sebanyak mungkin, baik itu berjalan kaki, bersepeda, jogging, hiking, atau angkat beban.

Di akhir usia 30-an, kita akan mulai kehilangan massa otot, karena itu cegah dengan rutin berolahraga sejak sekarang. Pilihlah aktivitas fisik yang Anda suka sehingga kita akan disiplin melakukannya.

4. Menabung
Membangun kebiasaan menabung dan berinvestasi sejak awal merupakan hal yang akan kita nikmati manfaatnya di kemudian hari. Walau Anda merasa sedang ada di puncak karier, tetapi kita tak akan pernah tahu tantangan yang ada di depan.

5. Mulai mengejar mimpi
Jangan menunda mengejar target hidup Anda. Ingin punya rumah? Ingin menulis buku? atau Ingin memiliki bisnis? Pilihlah salah satu impian Anda dan mulailah melangkah untuk mencapainya.

6. Membuat jurnal
Buat catatan hidup Anda, di blog misalnya. Meski Anda tak ingin orang lain membacanya, tetapi menuangkan apa yang kita rasakan dapat membantu mengurangi stres.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.