Kompas.com - 06/05/2017, 11:27 WIB
Akhmad Nizam, juara pertama 27K lomba trail run Rinjani 100 tahun 2017 di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAAkhmad Nizam, juara pertama 27K lomba trail run Rinjani 100 tahun 2017 di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
|
EditorWisnubrata

LOMBOK, KOMPAS.com - Kaca mata dan ikat kepala hitam menyertai Akhmad Nizar mencapai garis finish pertama lari gunung atau "trail running" kategori 27 kilometer di acara Rinjani 100, Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggaa Barat, Sabtu (6/4/2017).

Pemuda berusia 24 tahun ini memecahkan rekor catatan waktu di kategori 27K. Nizar membubuhkan waktu 04:05:56, lebih cepat dibanding catatan waktu kategori 27K di Rinjani 100 tahun 2016 yakni 04:41:01.

Namun, siapa sangka, butuh lima tahun lebih bagi Nizar untuk bisa memiliki stamina dan kemampuan trail running.

Nizar terjun ke olahraga lari bukan tanpa sebab. Mantan pemain bola ini dulu memiliki stamina buruk. Bahkan pelatih sepakbola Nizar meminta dia berhenti dari sepakbola. Pelari dari Run Malang Run ini pun tak patah semangat. Dia mulai melatih stamina dengan olahraga lari.

"Setelah ikut olahraga lari ini saya jadi tertarik," kata Nizar kepada Kompas Lifestyle di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Nizar mulai latihan empat kali dalam satu pekan. Setiap kali lari dia menempuh jarak lima hingga sepuluh kilometer. Latihan itu rutin dilakukan Nizar dan membuahkan hasil. Stamina fisik dia mulai meningkat. Sejumlah lomba lari pun dia ikuti seperti Bromo Tengger Semeru (BTS) Ultra 2016 pada kategori 30 kilometer.

"Alhamdulillah di BTS Ultra 30K juara satu," kata Nizar yang baru lulus kuliah dari Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah ini, pemuda asal Jember Jawa Timur ini akan kembali mengikuti BTS Ultra tahun 2017. Dia berharap bisa menang kembali lomba lari kelas internasional tersebut.

Baca juga: Pecahkan Rekor Waktu Tercepat, Pelari Austria Juarai 36K Rinjani 100

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.