Gemar Baca Buku Pengaruhi Perilaku Sosial Anda

Kompas.com - 08/05/2017, 12:15 WIB
Ilustrai THINKSTOCK.COMIlustrai
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Sebuah studi yang diproduksi oleh Kingston University di London, Inggris, menyimpulkan bahwa mereka yang gemar membaca buku ditemukan memiliki perilaku dan hati yang baik.

Studi ini melibatkan 123 partisipan yang diuji berdasarkan kemampuan interpersonal termasuk toleransi pada perasaan orang lain dan beradaptasi untuk menolong sesamanya.

Hasilnya, mereka yang hobi membaca buku mempunyai empati tinggi dan beretika lebih baik ketimbang mereka yang gemar menonton televisi.

Studi bahkan menguraikan bahwa orang-orang yang senang menghabiskan waktu menonton televisi kurang bersahabat dan kurang mau memahami lingkungan sekitarnya.

Namun, kesimpulan ini tidak berlaku pada Anda semua yang hobi membaca buku. Sebab, pilihan buku yang Anda baca juga memainkan peran dalam membentuk karakter emosional pembacanya.

Studi merangkum bahwa penggemar buku fiksi memperlihatkan perilaku sosial yang lebih positif dan penggemar buku novel romantis memiliki empati yang tinggi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X