Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Jordan I, dari Lapangan Basket ke Lapangan Golf

Kompas.com - 09/05/2017, 10:05 WIB
Wisnubrata

Penulis

Nike Air Jordan I barangkali adalah sneaker paling ikonik sepanjang waktu. Ia adalah sepatu yang menginspirasi ribuan desain sepatu lain dan membuat merk Nike menjadi kekuatan besar di industri sepatu olahraga. Kini, lebih dari 30 tahun setelah peluncuran Air Jordan I di lapangan basket, Nike membawa sepatu itu ke lapangan golf.

Menurut Nike, Air Jordan I dirancang untuk bintang basket Michael Jordan tahun 1984 dan mulai dipasarkan tahun 1985. Jordan sendiri dikenal suka bermain golf disamping bola basket. Lalu mengapa butuh waktu sangat lama untuk menggabungkan kedua hobi Jordan itu?

“Air Jordan I adalah sneaker pertama yang melampaui batasan terhadap apa yang bisa diterima saat itu,” ujar Jordan dalam konferensi peluncuran sepatu golf itu Februari lalu. “Ini seperti perasaan anak kecil yang dilarang orangtuanya melakukan sesuatu yang ia inginkan. Saya merasa ingin berbeda. Namun itu butuh waktu.”

Nike Nike Air Jordan 1 golf
Tentu Nike melakukan beberapa penyesuaian untuk mengubah sepatu basket itu menjadi sepatu golf. Para perancang menambahkan bantalan lebih untuk menambah kenyamanan dan mendukung pergelangan kaki. Sepatu ini dibuat tahan air dan ditambahi sol bergerigi untuk lapangan rumput. Namun sebagai penyandang nama Air Jordan, ia tetap memiliki logo Jumpman atau orang melompat.

Sepatu golf ini dibuat dalam dua pilihan warna, yakni warna orisinil putih/hitam/merah,serta kombinasi putih dan perak. Pada saat diluncurkan, sepatu ini dijual seharga 200 dollar AS.

Baca: 10 Sneakers yang Lebih Mahal dari Mobil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com