Air Jordan I, dari Lapangan Basket ke Lapangan Golf

Kompas.com - 09/05/2017, 10:05 WIB
Nike Air Jordan 1 golf NikeNike Air Jordan 1 golf
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Nike Air Jordan I barangkali adalah sneaker paling ikonik sepanjang waktu. Ia adalah sepatu yang menginspirasi ribuan desain sepatu lain dan membuat merk Nike menjadi kekuatan besar di industri sepatu olahraga. Kini, lebih dari 30 tahun setelah peluncuran Air Jordan I di lapangan basket, Nike membawa sepatu itu ke lapangan golf.

Menurut Nike, Air Jordan I dirancang untuk bintang basket Michael Jordan tahun 1984 dan mulai dipasarkan tahun 1985. Jordan sendiri dikenal suka bermain golf disamping bola basket. Lalu mengapa butuh waktu sangat lama untuk menggabungkan kedua hobi Jordan itu?

“Air Jordan I adalah sneaker pertama yang melampaui batasan terhadap apa yang bisa diterima saat itu,” ujar Jordan dalam konferensi peluncuran sepatu golf itu Februari lalu. “Ini seperti perasaan anak kecil yang dilarang orangtuanya melakukan sesuatu yang ia inginkan. Saya merasa ingin berbeda. Namun itu butuh waktu.”

Nike Nike Air Jordan 1 golf
Tentu Nike melakukan beberapa penyesuaian untuk mengubah sepatu basket itu menjadi sepatu golf. Para perancang menambahkan bantalan lebih untuk menambah kenyamanan dan mendukung pergelangan kaki. Sepatu ini dibuat tahan air dan ditambahi sol bergerigi untuk lapangan rumput. Namun sebagai penyandang nama Air Jordan, ia tetap memiliki logo Jumpman atau orang melompat.

Sepatu golf ini dibuat dalam dua pilihan warna, yakni warna orisinil putih/hitam/merah,serta kombinasi putih dan perak. Pada saat diluncurkan, sepatu ini dijual seharga 200 dollar AS.

Baca: 10 Sneakers yang Lebih Mahal dari Mobil

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X