Kompas.com - 09/05/2017, 11:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika menemukan uban untuk pertama kalinya, pasti reaksi Anda bukanlah senang. Tidak ada orang yang menginginkan rambutnya memutih.

Uban memang dapat membuat orang merasa lebih tua sebelum waktunya. Walau begitu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari dari stres gara-gara sehelai uban.

- Warnai rambut
Bila Anda ingin mewarnai rambut, pilihlah pewarna berbahan minyak. Kelembaban ekstra di dalam formula ini sangat penting untuk melembutkan dan memberi cahaya pada rambut yang mulai memutih.

Sebagai tambahan, gunakan sampo khusus rambut diwarnai dan juga kondisioner secara berkala. Pemakaian sampo khusus ini akan membantu mengunci kutikula rambut sehingga molekul pewarna tidak mudah luntur.

Warna alami uban lebih terang dari pada warna alami rambut, karenanya pilihlah cat rambut berwarna gelap dan lakukan pengecatan berkala setiap bulan agar uban tertutupi sempurna.

- Sisir khusus
Untuk membuat rambut tipis terlihat lebih tebal, gunakan sisir jenis boar bristle brush. Sisir tersebut juga dapat membuat rambut tidak mencuat ke atas sehingga rambut yang beruban bisa "disembunyikan".

- Gaya rambut yang tepat
Kebanyakan wanita akan memotong pendek rambutnya saat mulai merasa tua. Tetapi, jika Anda tak suka dengan uban, segarkan tampilan dengan memilih potongan rambut yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membiarkan rambut tetap panjang justru bisa mengontrol dan melembutkan tekstur rambut.
Namun, tata rambut agar lebih bergelombang sehingga rambut terlihat tebal dan penampilan lebih segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.