Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Saat Menemukan Uban Pertama di Kepala

Kompas.com - 09/05/2017, 11:39 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Ketika menemukan uban untuk pertama kalinya, pasti reaksi Anda bukanlah senang. Tidak ada orang yang menginginkan rambutnya memutih.

Uban memang dapat membuat orang merasa lebih tua sebelum waktunya. Walau begitu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari dari stres gara-gara sehelai uban.

- Warnai rambut
Bila Anda ingin mewarnai rambut, pilihlah pewarna berbahan minyak. Kelembaban ekstra di dalam formula ini sangat penting untuk melembutkan dan memberi cahaya pada rambut yang mulai memutih.

Sebagai tambahan, gunakan sampo khusus rambut diwarnai dan juga kondisioner secara berkala. Pemakaian sampo khusus ini akan membantu mengunci kutikula rambut sehingga molekul pewarna tidak mudah luntur.

Warna alami uban lebih terang dari pada warna alami rambut, karenanya pilihlah cat rambut berwarna gelap dan lakukan pengecatan berkala setiap bulan agar uban tertutupi sempurna.

- Sisir khusus
Untuk membuat rambut tipis terlihat lebih tebal, gunakan sisir jenis boar bristle brush. Sisir tersebut juga dapat membuat rambut tidak mencuat ke atas sehingga rambut yang beruban bisa "disembunyikan".

- Gaya rambut yang tepat
Kebanyakan wanita akan memotong pendek rambutnya saat mulai merasa tua. Tetapi, jika Anda tak suka dengan uban, segarkan tampilan dengan memilih potongan rambut yang tepat.

Membiarkan rambut tetap panjang justru bisa mengontrol dan melembutkan tekstur rambut.
Namun, tata rambut agar lebih bergelombang sehingga rambut terlihat tebal dan penampilan lebih segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com