Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2017, 15:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Hanya karena Anda bukan perokok, tidak berarti kesehatan Anda tak terpengaruh oleh asap rokok. Menghirup asap rokok, karena Anda menjadi perokok pasif, berdampak sama seriusnya bagi kesehatan. Terlebih untuk pria.

Untuk mengetahui dampak rokok bagi kesehatan, tim peneliti dari Sekolah Kedokteran Universitas Maryland melakukan studi pada komunitas Amish di Pennsylvania. Komunitas ini masih mempertahankann gaya hidup tradisional, seperti tidak menggunakan ponsel atau masih hidup dari pertanian.

Tim peneliti mengumpulkan data dari fungsi paru, kesehatan jantung, dan penanda lainnya pada 3.500 partisipan untuk mengetahui bagaimana rokok dan perokok pasif memengaruhi kesehatan.

Penelitian mengungkap, merokok berpengaruh negatif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, fungsi paru, indeks massa tubuh, dan kadar kolesterol.

Namun, yang terpenting adalah fakta bahwa orang yang tidak pernah merokok juga mengalami efek serius hanya karena berada di sekitar teman atau keluarga yang merokok.

"Fakta bahwa paparan asap rokok, meski kecil, bisa berpengaruh signifikan bagi kesehatan. Secara umum komunitas Amish merupakan populasi yang angka perokoknya sangat rendah," kata E.Albert Reece, Ph.D, dekan Univeristas Maryland School of Medicine.

Pria yang menjadi perokok pasif menunjukkan kadar gula darah dan juga indeks massa tubuh lebih tinggi dibanding mereka yang jarang berada di dekat asap rokok. Makin sering kita terpapar asap rokok, makin negatif dampaknya.

Fakta lainnya adalah orang-orang di komunitas Amish pada umumnya merokok pipa atau cerutu, yang memiliki dampak lebih buruk dibanding rokok biasa bagi perokok pasif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com