Kompas.com - 09/05/2017, 17:05 WIB
Reebok Corn + Cotton reebokReebok Corn + Cotton
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Ke manakah sepatu lama Anda dibuang?  Mungkin ke tempat sampah dan berakhir di pembuangan sampah bila tidak diambil orang untuk dipakai lagi. Di tempat pembuangan, sepatu-sepatu itu akan menjadi barang yang sulit terurai, sehingga menambah timbunan.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, Reebok memulai program untuk menciptakan sepatu yang ramah lingkungan. Tidak seperti umumnya sepatu yang dibuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi yang tidak bisa didaur ulang, sepatu Reebok ini akan melewati proses “hijau”dari awal pembuatan hingga menjadi barang bekas. Program itu disebut Corn + Cotton.

“Kebanyakan sepatu tidak dibuat untuk bisa terurai di kemudian hari. Kami ingin menciptakan sepatu di mana seluruh prosesnya, dari pembuatan, pemakaian, hingga pembuangan tidak mengotori Bumi ini,” ujar Bill McInnis, pimpinan proyek Reebok Future.

Setelah lima tahun mencari paduan materi dan desain, tim Future menghadirkan sepatu kanvas ber-sol tebal. Bentuknya seperti kebanyakan sepatu casual yang sering kita jumpai, namun sepatu ini 100 persen bisa terurai menjadi kompos.

Sol sepatu ini terbuat dari bahan turunan jagung yang bebas petroleum dan tidak beracun. Sedangkan bagian atasnya dibuat dari katun yang bisa didaur ulang. Meski begitu, Anda tidak akan menyadarinya bila tidak diberi tahu.

Sepatu ini juga melewati semua uji, seperti sneaker Reebok lainnya, dan dicobakan pada para penguji untuk mendapat masukan. “Kebanyakan dari mereka menyatakan tidak merasakan perbedaan antara sepatu ini dengan sepatu biasanya,” ujar McInnis.

Lalu bila kita tidak tahu bedanya, bagaimana kita seharusnya membuangnya kelak? Apakah sama seperti membuang sepatu lain? “Tidak masuk akal bila kita menciptakan sesuatu yang bisa terurai namun kemudian berakhir di pembuangan sampah biasa,” kata McInnis. “Oleh karenanya kita mempersiapkan rencana besar, yakni inisiatif bio-kompos, yang memungkinkan sepatu Corn + Cotton ini diproses dengan cara yang benar.”

Dengan kata lain, sneaker yang bisa terurai inihanyalah awal dari program yang lebih besar untuk menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan. McInnis berharap, teknologi yang sama kelak juga bisa diaplikasikan untuk produk-produk Reebok lainnya, baik sepatu maupun perlengkapan olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.