Tak Cuma Nyaman, Ini Kriteria Sepatu untuk Skateboard

Kompas.com - 10/05/2017, 08:00 WIB
Kompas.com/Iwan Supriyatna Koleksi terbaru DC Shoes.

KOMPAS.com - Dikenal sebagai permainan jalanan anak muda, skateboard dianggap mengasyikkan karena pemainnya bebas berkreativitas dalam hal luncuran atau trik lompatan. Untuk menunjang aksi Anda di atas papan skateboard, ketahui juga pemilihan sepatu yang tepat.

Prinsip utama pemilihan sepatu skateboard adalah nyaman dan bantalan karet sepatu cukup lebih tebal untuk melindungi dan meminimalisir cedera pada kaki. Berikut ini tiga tips yang wajib diperhatikan para pemula sebelum bermain skateboard.

1. Berwarna gelap

Pada dasarnya bermain skate dengan teknik apa pun, akan sering terjadi gesekan antara sepatu dengan aspal, papan skate, atau pun benda-benda keras lainnya yang terdapat di lintasan bermain skate.

Jika menggunakan sepatu berwarna gelap, lecet atau kerusakan pada sepatu tidak terlalu terlihat. Sehingga kekusaman sepatu tidak cepat terlihat.

Hal itu pun diterapkan pada produk-produk sepatu DC Shoes yang lebih banyak memproduksi sepatu dengan warna-warna gelap.

"Produk skate warnanya memang gelap, kalau pun terang paling hanya untuk gaya saja. Kalau warna gelap terkena gesekan-gesekan tidak cepat rusak warnanya," kata Marketing Country Manager DC Shoes Indonesia, Yusar Odang kepada Kompas.com.

Kompas.com/Iwan Supriyatna DC Astor S, model blucher yang bersih dan klasik.
2. Pilih sepatu berkaret tebal

Ketebalan bantalan karet pada sepatu skate sangatlah penting. Pada olahraga outdoor yang lebih mengutamakan ketahanan kaki ini bantalan karet yang tebal mutlak diperlukan. Tujuannya, agar ketika melakukan lompatan dan ketika mendarat, tumit kaki tidak terasa sakit karena menopang tumpuan badan.

Di koleksi terbarunya, DC Shoes memperkenalkan seri Astor S, model blucher yang klasik. Dirancang menggunakan DC Impact-I teknologi untuk memberikan kenyamanan maksimal dan penyerapan kejutan, sepatu ini juga dilengkapi dengan DC Super Suede dan Super Rubber untuk membuat sepatu lebih tahan lama.

"Teknologi DC Impact-I kelenturannya bisa mengurangi atau meminimalisir terjadinya cedera pada lutut atau pergelangan kaki," tutur Yusar.

3. Nyaman dipakai

Terlepas dari mereknya, kenyamanan adalah hal yang utama.  "Yang penting nyaman, yang penting enak dulu, sepatu skate itu kalau pertama-tama dipakai memang agak sakit, tetapi sekitar 1 atau 2 minggu sepatu itu akan mengikuti bentuk kaki pemakainya," ujarnya.



EditorLusia Kus Anna

Close Ads X