Kompas.com - 12/05/2017, 12:33 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setiap orang menyukai senyuman manis. Senyuman juga dapat menarik perhatian orang, sehingga foto orang tersenyum biasa dipakai untuk iklan, mulai dari pasta gigi sampai sedan mewah.

Meski demikian, senyuman yang memperlihatkan deretan gigi putih itu ternyata tak selalu membuat kita terlihat lebih muda dan menarik. Menurut sebuah studi, efeknya justru sebaliknya.

Dalam studi yang dilakukan tim dari Western University di Ottawa, Kanada, terungkap bahwa foto seseorang yang tersenyum tampak bahagia ternyata dinilai lebih tua dari usia sebenarnya.

Penelitian itu melibatkan 70 pria dan wanita yang diperlihatkan 140 foto orang dengan ekspresi positif dan eskpresi netral. Kemudian responden diminta menebak usia orang di foto tersebut.

Responden juga ditanya apakah senyuman secara umum membuat seseorang terlihat lebih tua, lebih muda, atau tak berpengaruh pada usia. Hasilnya, mayoritas menjawab bahwa senyuman membuat seseorang terlihat lebih tua.

"Para partisipan studi ini sebenarnya memiliki persepsi bahwa senyuman akan membuat seseorang terlihat lebih muda. Tapi, faktanya tersenyum membuat wajah terlihat lebih tua," kata Melvyn Goodale, peneliti.

Dalam penelitian kedua, tim peneliti melakukan lagi cara seperti yang pertama tetapi memasukkan ekspresi ketiga, yakni ekspresi terkejut. Sekali lagi, responden menilai senyuman membuat wajah terlihat tua, sementara ekspresi kaget memberi efek lebih muda.

Menurut Goodale, kerutan yang timbul di sekitar wajah saat kita tersenyum mungkin membuat penampilan tampak lebih tua. Sebaliknya, saat terkejut, garis senyuman itu memudar sehingga wajah terlihat muda.

Meski begitu, jangan ragu untuk tersenyum. Masih banyak manfaat positif dari menghiasi wajah dengan senyuman. Misalnya saja tampak lebih ramah dan juga membuat pernikahan awet. Dengan kata lain, jangan takut terlihat tua karena senyuman bisa menjadi modal untuk hidup lebih bahagia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.