Menjadi Perokok Sosial Sama Bahayanya dengan Perokok Aktif

Kompas.com - 14/05/2017, 22:06 WIB
Sekitar 200 juta warga China dalam seabad terakhir meninggal dunia akibat penyakit yang terkait dengan kebiasaan mengisap rokok. Getty/BBCSekitar 200 juta warga China dalam seabad terakhir meninggal dunia akibat penyakit yang terkait dengan kebiasaan mengisap rokok.
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Mereka yang hanya merokok saat bersama teman-temannya seringkali menganggap dirinya bukan perokok. Ah, saya hanya social smoker, kadang-kadang saja merokok, begitu alasannya. Namun ternyata jantung Anda tidak beranggapan demikian.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Health Promotion, perokok sosial ternyata memiliki resiko terkena penyakit jantung serupa dengan mereka yang merokok setiap hari.

Dalam study yang melibatkan 40.000 orang, para peneliti dari Ohio State University menemukan semakin banyak orang yang masuk dalam kategori perokok sosial, di mana 10 persen lebih mengaku merokok dalam pertemuan-pertemuan sosial. Kebanyakan dari mereka berusia 21 hingga 40 tahun.

Saat para peneliti menganalisa kesehatan jantung mereka, ditemukan bahwa pada perokok sosial resiko tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bukan sekedar lebih buruk dibanding mereka yang tidak merokok, namun ternyata identik dengan orang-orang yang merokok satu bungkus per hari.

Saat para peneliti menambahkan faktor lain seperti obesitas, mereka mendapati bahwa 75 persen perokok sosial dan aktif memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, dua hal yang membahayakan jantung.

Kesimpulannya, meskipun Anda tidak ketagihan, namun bukan berarti perokok sosial tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berapapun rokok yang Anda nyalakan, tetaplah tidak baik bagi kesehatan.



Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X