Jaga Stamina Selalu Fit, Fajar Alexa Tekuni Olahraga Lari

Kompas.com - 15/05/2017, 10:44 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Stamina merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan bagi seorang musisi pada saat melakukan aksi terbaiknya di atas panggung. 

Sebab, stamina yang bagus, maka penampilan yang dipersembahkan pun menjadi semakin maksimal.

Hal tersebut diakui oleh Fajar Arifan yang merupakan penabuh drum band Alexa yang sekarang rajin berolahraga lari

Fajar mengaku bahwa dia menekuni olahraga lari, baik itu lari marathon maupun half marathon demi menjaga kebugaran tubuh.

"Untuk seorang musisi, stamina itu penting, karena itu yang menunjang penampilan kita di atas panggung," kata Fajar saat diwawancari usai mengikuti Konimex Half Marathon.

Fajar mengatakan, dahulu dia selalu kesulitan untuk tidur lebih cepat. Alhasil, Fajar kerap begadang di malam hari dan keesokan harinya saat bangun tidur dirinya merasa kondisi badannya pun jadi tidak enak.

Sadar akan manfaat sehat untuk melanjutkan profesi, Fajar pun mulai mengubah pola hidupnya pada tahun 2011 dengan membiasakan diri melakukan olahraga lari. 

"Melakukan olahraga lari, pola hidup jadi lebih baik, tadinya suka begadang jadi lebih baik pola tidurnya," tutur Fajar.

Manfaat lain yang dirasakan Fajar adalah, dirinya lebih bisa mengontrol konsumsi makanan-makanan yang dirasa kurang sehat seperti makanan gorengan atau makanan dan minuman yang mengandung kadar gula berlebih.

"Pola makan jadi lebih terjaga, menghindari makanan gorengan, gula, badan itu seperti menuntut untuk memakan makanan yang baik saja," imbuhnya.

Fajar memberikan sedikit tips untuk para musisi atau masyarakat umum yang ingin memulai olahraga lari.

Menurut dia, lari bisa dilakukan ketika bangun tidur di pagi hari, tapi jangan terlalu lama, cukup 30 menit. Dalam sepekan, lari cukup dilakukan selama empat kali. Tujuannya, supaya badan tetap mendapatkan porsi istirahat yang cukup. 

Namun jangan lupa, sebelum melakukan lari di pagi hari, terlebih dahulu harus melakukan sarapan ringan seperti memakan roti atau camilan biskuit.

" Lari itu paling mudah, begitu bangun tidur terus sarapan kecil dan lari 30 menit itu sudah cukup. Seminggu 4 kali, harus ada hari istirahatnya," pungkas Fajar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X