Anggur Merah Ternyata Membantu Mencegah Kematian Sel Otak

Kompas.com - 15/05/2017, 15:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Minum minuman beralkohol terlalu banyak tentu tidak baik untuk kesehatan. Namun dalam jumlah sedikit, alkohol ternyata memberi efek perlindungan, terutama untuk jantung. Hal ini tentu sudah banyak didengar.

Yang baru adalah, efek positif alkohol dalam jumlah tertentu ternyata dirasakan bagian tubuh lainnya. Menurut penelitian dari Frontiers in Nutrition, minum anggur merah dalam jumlah tertentu bisa melindungi sel-sel otak.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan menyeleksi beberapa senyawa yang terkandung dalam urine dan tinja mereka yang biasa minum anggur merah dalam jumlah sedang. Mereka lalu menambahkan senyawa itu pada neuron manusia, atau sel-sel saraf di otak.

Ketika sel-sel itu kemudian dihadapkan pada kondisi yang membuatnya stres –misalnya seperti tahap awal pada penyakit Alzheimer—para peneliti menemukan bahwa senyawa dari anggur merah ternyata melindungi neuron dari kondisi stres yang bisa membuatnya mati dan menimbulkan kerusakan otak.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kandungan dalam anggur merah yang setelah dicerna tubuh memiliki peran penting untuk melindungi otak. Senyawa pelindung itu akan terbentuk saat makanan dicerna dalam usus dengan bantuan mikroba tertentu.

Dan apa yang Anda makan bakal mempengaruhi ekosistem mikroba yang terbentuk di usus. Oleh karenanya para peneliti sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu makanan apa saja yang ketika digabungkan dengan anggur merah bisa mendukung kesehatan otak.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X