Kompas.com - 15/05/2017, 20:03 WIB
Ilustrasi mengukur panjang Mr. P dogbitedog69Ilustrasi mengukur panjang Mr. P
Penulis Wisnubrata
|
Editor Wisnubrata

Akuilah bahwa Anda pernah mengukur panjang barang Anda setidaknya sekali. Bagaimanakah hasilnya? Apakah Anda cukup puas dengan ukurannya?

Menurut study yang dilakukan King’s College London, ukuran rata-rata penis tidaklah sebesar yang diduga orang selama ini.

Para peneliti melihat kembali 17 study yang melibatkan lebih dari 15.000 pria soal ukuran penis mereka. Didapati bahwa rata-rata panjang penis dalam keadaan tidur adalah 9,1 cm, sedangkan lingkarnya 9,4 cm.

Sementara saat penis berada dalam kondisi tegang, rata-rata panjangnya adalah 13,2 cm dan lingkarnya 11,6 cm.

Dalam penelitian itu juga didapati bahwa hanya 5 persen dari pria yang diteliti memiliki penis lebih panjang dari rata-rata, yakni 16 cm, dan 5 persen lain di bawah rata-rata yakni 10 cm. Artinya 90 persen pria memiliki panjang penis saat ereksi antara 10 cm hingga 16 cm.

Lalu apakah ukuran itu bisa dilihat lewat bagian tubuh lain seperti yang selama ini dipercaya? Memang ada indikator yang bisa menunjukkan ukuran itu. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tinggi umumnya memiliki barang lebih panjang, namun tambahan itu hanya sedikit dan tidak signifikan, kata peneliti David Veale, M.D.

Di lain pihak, pengukuran lain yang sering disebut terkait dengan ukuran penis, ternyata tidak terbukti. Faktor-faktor seperti berat badan, panjang jari telunjuk, dan ukuran jempol bukanlah petunjuk seberapa panjang barang seseorang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila milik Anda berukuran lebih kecil daripada rata-rata ukuran di atas, Anda tidak perlu cemas. “Ukuran bukanlah masalah bagi 85 persen perempuan yang diteliti,” ujar Dr Veale. Dan dalam hubungan seks, lebih besar tidak selalu lebih baik.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.