Kompas.com - 15/05/2017, 21:22 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial identik dengan teknologi. Salah satu ciri mereka yakni tak bisa lepas dari produk teknologi, gadget atau gawai. Dalam gawai itu, mereka menumpah-ruahkan ekspresi, di antaranya di sosial media. Namun, ada kesalahan yang biasa dilakukan oleh generasi milenial dalam menumpahkan ekspresi mereka.

Menurut Psikolog Universitas Tarumanegara, Untung Subroto Dharmawan, permasalahan generasi milenial di dalam sosial media adalah malas mengkonfirmasi sebuah informasi. Untung mencontohkan generasi ini tak berpikir dua kali dalam menyebarkan sebuah informasi yang belum dipastikan keabsahannya.

“Mereka ada di rentang remaja, dia kan hanya ingin cari jati diri, bahwa gue mau terlihat up to date, langsung posting ulang,” kata Untung kepada Kompas Lifestyle di Lot 8 Resto and Cafe, Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Generasi ini memiliki ciri instan, sehingga aktivitas mengkonfirmasi, menelusuri ulang tidak masuk dalam kategori yang harus dilakukan dalam bermedia sosial. Apalagi, generasi ini juga memiliki sifat idealis. Apa pun informasi yang sesuai dengan pemikiran dia, dengan hitungan detik akan disebarluaskan.

“Bayangkan, kalau itu keliru dan tidak konfirmasi lagi, berapa banyak informasi salah yang disebarkan,” ujar Untung.

Oleh karena itu, Untung memberikan saran kepada generasi milineal agar membiasakan diri untuk mengkonfirmasi ulang sebuah informasi. "Tak sulit untuk sekadar mengkonfirmasi atau mencari perbandingan informasi tersebut," kata Untung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.