Kompas.com - 16/05/2017, 14:20 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Tradisi dan ritual pernikahan terus bergulir menjadi lebih kontroversial pada tahun 2017 ini.

Dulu, bulan madu dijalani dan dinikmati oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Sekarang, lupakanlah.

Sebab, tren bulan madu mengajak teman tengah menjadi buah bibir.

Survei dari situs penjualan tiket dan hotel, Priceline, melakukan survei terhadap 1.000 responden di Amerika Serikat.

Hasilnya, pasangan pengantin baru, sebanyak 12 persen, melakukan bulan madu bersama teman-teman mereka selama. Tren ini terjadi selama lebih kurang lima tahun terakhir.

Sejumlah selebriti pun juga turut mempopulerkan tren ini, misalnya, Jennifer Aniston dan Justin Theroux’s pada bulan Agustus 2015, yang mengajak beberapa teman mereka kala bulan madu di Bora-bora.

“Pasangan calon pengantin baru semakin banyak merencanakan bulan madu dengan lebih rinci. Jadi, tak hanya pergi berdua tetapi juga mengajak kelompok teman-teman mereka untuk melanjutkan perayaan secara eksklusif,” jelas Lia Batkin, seorang rekan pendiri, In The Know Experiences, situs konsultan perjalanan dan liburan.

Dia menambahkan fenomena ini terjadi karena banyak pasangan yang menikah saat usia telah matang sehingga mereka pun menghargai kehadiran sahabat dengan mengajak mereka liburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Redbook

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.