Kompas.com - 16/05/2017, 23:18 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Pemakaian kondom saat berhubungan seksual telah terbukti efektif mencegah infeksi menular seksual.

Selain itu, penggunaan kondom juga baik untuk kesehatan vagina. Bahkan, menurut Spesialis Andrologi, Dr Heru H Oentoeng, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim akan semakin meningkatkan rasa nyaman penggunanya tanpa harus khawatir menyebabkan kehamilan pada wanita.

"Pakai kondom meminimalisir pertanyaan dikeluarin didalam atau diluar?" kata Heru saat diwawancarai usai menghadiri launching produk Durex Invisible di Empirica SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Menurut Heru, jika dalam hubungan intim terjadi komunikasi dua arah yang bagus, maka hubungan intim tersebut bisa dikatakan hubungan intim yang sehat.

 

Hubungan intim yang sehat adalah kondisi dan situasi di mana kedua pasangan mampu menciptakan making love bukan sekadar having sex.

Definisi making love maknanya lebih dalam. Jadi, ada komponen keintiman yang lekat, didasari dengan perasaan dan dilakukan dengan benar.

Sementara, having sex hanya berdasarkan pada ketertarikan secara fisik saja.

Lalu, jika hubungan intim didasari hanya karena seks, maka dipastikan hubungan intim tersebut tidak akan bertahan lama.

"Aktivitas seksual itu harus ada foreplay, jangan ujug-ujug ditarik. Fungsi dari kondom, meningkatkan keintiman dalam rumah tangga," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.