Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2017, 08:47 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi yang semakin berkembang berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup konsumen modern. Demikian pula dengan perkembangan industri elektronik di Indonesia, salah satunya dalam pemilihan produk televisi.

Product Manager Audio Visual PT Panasonic Gobel Indonesia, Erwin Lim berbagi tips cara memilih televisi yang benar juga cara menonton televisi yang ideal untuk menjaga agar mata tetap sehat.

Pertama, Erwin menyarankan, ketika Anda hendak membeli TV mintalah kepada penjualnya untuk menyalakan semua TV yang dipajang dan secara berbarengan mematikan TVnya. "Matikan semua televisi lalu cari layar yang paling gelap, kalau ada panel atau layar yang terlihat lebih gelap itu artinya semakin bagus," kata Erwin usai meluncurkan 24 model Panasonic TV terbaru kepada Kompas.com.

Kedua, setelah mematikan TV tersebut, kemudian nyalakan kembali TVnya dan coba diketuk secara perlahan menggunakan jari. Jika terdapat percikan atau bekas cahaya muncul di layar TV artinya layar tersebut tidak memiliki panel yang cukup bagus. Sebaliknya, jika layar diketuk dan tidak memunculkan percikan atau bekas cahaya, maka dipastikan itu adalah hard panel.

monkeybusinessimages Nonton televisi
Ketiga, harga tidak akan membohongi pembeli, semakin mahal harga TV maka semakin bagus kualitasnya. Setelah mendapatkan TV yang berkualitas, tentunya harus diiringi dengan cara menonton yang bagus juga.

Cara menonton yang baik dan benar pun ada aturannya, menyesuaikan ukuran TV. "Cara nonton TV yang bener tergantung ukuran, 32 inci itu jaraknya 3 meter, 65 inci 5 sampai 6 meter," pungkas Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com