Kompas.com - 19/05/2017, 15:47 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Bau mulut kerap mengganggu dan membuat Anda tak percaya diri terutama di bulan puasa.

Jangan khawatir, maksimalkan ibadah Anda selama bulan puasa yang tinggal satu pekan lagi dan jaga aroma mulut dengan tiga langkah berikut ini. Berikut uraiannya:

Air liur “teman baik” Anda
Dr. Brian Kantor,  Lowenberg dari Lituchy & Kantor, mengatakan, saliva atau air liur mengandung oksigen tinggi yang bisa membunuh bakteri.

“Saliva memecahkan partikel makanan dari kotoran dan menyingkirkannya dari mulut kala menelan,” jelasnya.

Namun, masalahnya produksi air liur atau saliva menurun saat Anda tidur. Jadi, apabila Anda bernapas melalui mulut Anda saat tidur, maka Anda telah menciptakan zona kering yang menyebabkan bakteri berkembang.

Jadi, pastikanlah saat Anda tidur mulut Anda tertutup sehingga mengurangi tingkat asam pada pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari alkohol
Dehidrasi membuat aroma mulut memburuk, maka obat kumur adalah solusi untuk Anda. Namun, jangan sampai pilih  obat kumur.

Kantor mengatakan, basahi mulut dengan air dan gunakan obat kumur mulut yang nonalkohol pada malam hari. Sebab, alkohol akan mengeringkan mulut Anda sehingga membuat mulut menjadi beraroma kurang sedap pada pagi hari.

Jika mulut kering itu buruk, maka obat kumur adalah teman Anda. Tapi bukan jenis yang secara tidak sengaja bisa membuat Anda kembali.

Gosok lidah Anda
Jangan hanya menggosok gigi, tetapi biasakan juga untuk menggosok lidah Anda.

"Lidah memiliki banyak permukaan di mana partikel makanan bisa bersarang," kata Kantor, "jadi Anda ingin menggunakan penggosok lidah dan jaga agar lidah Anda tetap bersih."



Sumber

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X