Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2017, 16:04 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga lari yang saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat dari berbagai lapisan tak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Lebih dari itu, cabang olahraga atletik ini juga bisa semakin menambah wawasan dan pertemanan bahkan bisa mendorong pertumbuhan sektor ekonomi melalui wisata olahraga.

Saat ini, sekitar 75 persen pertumbuhan sektor pariwisata diperoleh dari wisata olahraga (sportourism). Dampak perekonomian wisata olahraga ini cukup besar bagi daerah destinasi wisata.

Melihat potensi dan manfaat yang besar, pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan Bank Jateng dan Harian Kompas menyelenggarakan lomba lari Bank Jateng Borobudur Marathon 2017.

Peluncuran lomba lari yang dilaksanakan di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta ini mengusung tema Reborn Harmony. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk melahirkan kembali semangat kebersamaan pelari dan masyarakat Jawa Tengah melalui penyelenggaraan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017.

Dengan mengangkat nilai-nilai kesejarahan dan budaya Borobudur sebagai warisan budaya dunia, diharapkan Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 ini dapat menjadi sebuah ajang lomba lari yang berdampak signifikan bagi lingkungan di sekitar Jawa Tengah.

Bank Jateng Borobudur Marathon ini akan dilaksanakan di Kompleks Taman Lumbini, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 19 November 2017. Diharapkan sebanyak 10.000 peserta dari Indonesia dan mancanegara ikut bergabung dalam beberapa kategori, diantaranya lari dengan jarak 10 kilometer, 21 kilometer dan 42 kilometer.

"Borobudur Marathon Ini sudah menjadi agenda tahunan Indonesia yang mengangkat nilai-nilai sejarah kita yaitu Candi Borobudur yang menjadi salah satu warisan leluhur. Pemerintah mendukung sportourism," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Menpora juga berharap agar Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 dapat menjadi bagian dalam menyukseskan gerakan nasional Ayo Olahraga yang menjadi program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Olahraga itu tak hanya menyehatkan namun juga kesetiakawanan, persahabatan, dan merekatkan persatuan. Untuk itu olahraga harus menjadi budaya hidup kita," tambah Menpora.

Inisiatif yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, dan berkolaborasi dengan Harian Kompas ini diharapkan dapat memberi dampak untuk memajukan lingkungan sekitar dan cabang olahraga lari.

Jika Anda ingin turut serta dalam acara ini, informasi lebih ianjut mengenai Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 dapat diakses melalui www.borobudurmarathon.co.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.