Anda Sulit BAB? Sering-seringlah Duduk Jongkok

Kompas.com - 19/05/2017, 23:13 WIB
Ilustrasi. shutterstockIlustrasi.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Penyebab konstipasi atau sembeli biasanya karena pergerakan tinja atau feses pada usus yang bergerak lambat sehingga konsistensinya pun menurun, keras, dan kering.

Umumnya, sembelit terjadi karena kurang olahraga, kurang minum, atau diet yang minim serat.

Jangan hiraukan masalah sulit BAB ini. Sebab, jika tidak ditindak sesuai aturan dokter, maka bisa terjadi gangguan yang berbahaya pada kesehatan.

Berikut empat cara memperlancar kebutuhan BAB Anda:

Minum air putih
Kurang minum air bisa menyebabkan tubuh konstipasi karena kurang cairan dalam tubuh. Menurut Elizabeth Ann Shaw, MS, RD, CLT, tubuh yang kekurangan cairan bisa mengganggu pencernaan dalam usus sehingga menyebabkan susah BAB.

Jongkok
Berdasarkan studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Digestive Diseases and Science berlama-lama duduk dalam posisi jongkok bisa merangsang tubuh untuk BAB.

Oleh karena itu, beberapa pakar menyarankan orang-orang yang sering kesulitan BAB untuk memicu tubuh dengan duduk jongkok atau rajin berlatih geraan squat.

Minum air hangat dengan lemon
Dr Felice Schnoll-Sussman, seorang gaestroenologist menjeakan bahwa menyampur air hangat dengan perasan lemon bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Biasakanlah untuk memulai hari dengan mengonsumsi air hangat dan perasan lemon agar sisa-sisa makanan yang masih ada dalam perut Anda terbuang tuntas.

Teh pepermint
Sebuah riset di University of Maryland menyebutkan teh peppermint bisa mencegah gangguan usus yang menyebabkan susah BAB. Penyembuhan holistik ini sangat alamiah dan mujarab dalam melatih sistem otot pada organ pencernaan agar lebih produkitf.

Cobalah untuk mengonsumsinya sebelum Anda tidur malam.

 



Sumber bustle.com

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X