Kompas.com - 20/05/2017, 08:58 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Wibowo Wirjodiprodjo yang merupakan ayah dari aktor Ari Wibowo dan aktris Ira Wibowo, saat ini usianya telah memasuki masa senja yakni 88 tahun. Namun, di usianya yang tak lagi muda tersebut dirinya mengaku masih bisa membawa mobil sendiri untuk sekadar berkeliling kota Jakarta.

Seperti kita tahu, jalanan Jakarta tak pernah lepas dari yang namanya kemacetan. Jangankan untuk para lansia, orang muda yang membawa kendaraan di jalanan Jakarta pun terkadang frustasi menembus macetnya jalanan. Lantas, mengapa mantan perwira militer yang pernah bertugas di Jerman ini bisa menghadapi macetnya Jakarta?

Rupanya, Wibowo memiliki cara tersendiri untuk tetap menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Mantan direktur perusahaan All Music ini mengaku kerap melakukan jalan santai di pagi hari selama 10 menit. Kegiatan tersebut dilakukannya rutin setiap hari.

"Aktivitas masih jalan selama 10 menit, yang penting jangan sampai merasa kesepian, harus ada sesuatu yang dilakukan," kata Wibowo saat menghadiri diskusi bertema Bagaimana Hidup yang Sehat dan Menyenangkan di Masa Tua, di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Selain berjalan kaki selama 10 menit setiap pagi, dirinya juga gemar memakan sayur-sayuran dan ikan. Menurutnya, selain rasanya enak, ikan juga sangat baik jika dilihat dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Di luar itu, Wibowo juga terus menjalani hobinya yakni bernyanyi dan dansa. Melalui hobinya itu, Wibowo bisa mengekspresikan perasaannya. Sehingga tidak ada yang harus dipendam dalam hati.

"Karena nyanyi, dansa, bisa menghindari stres dan bisa menguatkan jantung," tutur Wibowo.

Wibowo berpesan, untuk bisa menikmati hari tua, sebaiknya perbanyaklah 5 S. 5 S yang dimaksud Wibowo adalah sabar, syukur, santai, sport dan spirit. Dengan 5 S masa tua akan terasa sangat berharga. "Kalau saya beraktivitas, saya merasa masih bisa dibutuhkan, itu yang membuat saya bahagia," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.