Kompas.com - 20/05/2017, 12:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebagai karyawan dengan karier yang sulit berkembang, mungkin kita sering memimpikan memiliki bisnis sendiri yang sukses. Menurut para pakar, dibutuhkan bakat agar apa yang kita kerjakan sukses dan mendatangkan bahagia.

Masalahnya, Anda sendiri sering bingung jika ditanya apa kelebihan atau bakat yang dimiliki. Kalau sudah begini, biasanya kita pun akan merasa tidak percaya diri untuk melangkah.

Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga merasa tidak tahu bakatnya. Bahkan mereka yang sudah berhasil mengubah bakatnya menjadi sumber penghasilan pun pada satu titik juga merasakannya. Bedanya, mereka dengan cepat mengenali apa kelebihannya.

Menurut Tiara Puspita, psikolog, ada banyak cara mengetahui bakat kita, salah satunya dari prestasi yang kita miliki pada satu bidang tertentu.

"Bagaimana kalau kita tidak berprestasi? Coba amati apa pujian orang terhadap kita. Misalnya kita menganggap diri kita biasa saja, tapi orang sering mengatakan kita ini penolong, atau murah hati, dan rajin," kata psikolog klinis dewasa dari lembaga Tiga Generasi ini.

Bakat memang tidak harus berupa keterampilan melakukan suatu hal, terkadang kemampuan membuat orang lain tertawa juga merupakan bakat. Intinya, bakat adalah apa yang dengan mudah kita lakukan sejak kita lahir.

Bila orang menganggap Anda sebagai orang yang gampang memecahkan masalah dan pintar di bidang matematika, kemungkinan bakat Anda adalah bekerja di bidang yang berkaitan dengan angka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita juga bisa mengenali kelebihan kita dari aktivitas kita di waktu luang atau hari libur. Misalnya saja Anda senang mengikuti kelas kerajinan tangan atau komunitas fotografi.

Sesuatu yang membuat Anda merasa bahagia saat melakukannya dan hasilnya lebih baik dari orang lain bisa jadi merupakan bakat Anda.

Tiara menambahkan, dengan mengetahui apa yang jadi kelebihan kita akan lebih mudah mengembangkannya. Kita juga akan lebih berani mencoba hal-hal baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.