Kompas.com - 21/05/2017, 17:04 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Berenang merupakan salah satu kegiatan berolahraga yang mengasyikkan. Tak sedikit orang yang juga menjadikannya sebagai rekreasi. Sebab, selain menyegarkan dan seru, renang juga memiliki banyak manfaat.

Menurut Hirofumi Tanaka, seorang profesor kinesiologi dan direktur Cardiovascular Aging Research Lab di University of Texas, berenang itu membuat tulang dan otot Anda bergerak dengan hambatan gravitasi.

Kondisi itu membuat berenang menjadi olahraga ideal untuk mereka yang menderita osteoarthritis.

Berdasarkan penelitian Tanaka tentang orang-orang dengan kondisi tersebut, berenang mengurangi arteri yang kaku dan risiko mengalami masalah jantung.

Lebih banyak penelitiannya telah menghubungkan pelatihan berenang dengan tekanan darah rendah di antara orang-orang dengan hipertensi.

Tanaka mengatakan, manfaat dan daya apung air juga menarik bagi orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, karena latihan aerobik beban seperti berlari mungkin terlalu berat atau tidak nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Anda harus pahami bahwa tubuh bekerja lebih keras saat Anda berada di kolam renang.

Sebab, air lebih padat daripada udara, sehingga bergerak melalui H2O memberi tekanan eksternal lebih banyak pada anggota tubuh daripada latihan di luar air.

Kabar baik lainnya, tekanan tersebut terdistribusi secara merata sehingga tidak hanya membebani lutut, pinggul, atau anggota tubuh lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TIME

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.