Kompas.com - 22/05/2017, 07:12 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kuman dan bakteri senang berkumpul dan berkembang biak di dalam lembaran uang, terutama yang bentuknya kotor dan lecek. Maklum, jumlah orang yang sudah menyentuhnya dalam sehari mungkin mencapai ratusan.

Itu sebabnya jangan pernah lupa untuk mencuci tangan sebelum makan, terlebih setelah Anda menyentuh uang.

Untuk mengetahui seberapa banyak kuman yang bersarang di uang, tim peneliti melakukan riset terhadap uang kertas pecahan 20 dollar AS dari 12 rumah sakit dan 3 statiun kereta di Hong Kong.

Uang tersebut kemudian diusap dengan alat khusus untuk mengetahui apakah kuman memang bertahan hidup di uang. Para peneliti juga mengambil sampel dari tangan para penumpang dan udara di stasiun, air minum, dan juga endapan air.

Setelah menganalisa sampel tersebut, para peneliti menemukan bahwa uang kertas menjadi sumber variasi kuman terbanyak dibandingkan semua area lain yang diteliti.

Bukan hanya kuman tak terbahaya, sekitar 36 persen bakteri yang ditemukan itu berpotensi patogen atau bisa menyebabkan penyakit. Termasuk di antaranya adalah bakteri E.coli dan Clostridium difficile, dua organisme yang sering jadi penyebab diare dan penyakit serius lain.

Dalam penelitian itu juga terungkap bahwa jumlah bakteri yang kebal antibiotik di uang kertas lebih banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Singkatnya, uang kertas seperti 'penyerap' bakteri tingkat medium dari lingkungan sekitarnya. Bakteri patogen juga hidup di permukaan uang kertas," kata ketua peneliti Jun Li, Ph.D.

Uang kertas dengan mudah terkontaminasi kuman dari udara atau permukaan. Kebisaan malas mencuci tangan setelah ke toilet atau batuk juga menyebabkan kuman-kuman itu berakhir di lembaran uang.

Kondisi tersebut tentu mengkhawatirkan karena uang berpindah tangan dengan cepat, sehingga penularan kuman pun lebih mudah. Cara perlindungan diri paling efektif adalah mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh uang. Kebiasaan menggunakan uang elektronik juga bisa mengurangi kontak fisik dengan lembaran-lembaran uang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber menshealth
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.