Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

Kompas.com - 22/05/2017, 11:20 WIB
Bersepeda di kota bernardbodoBersepeda di kota
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

You can’t buy happiness, but you can buy a bike and that’s pretty close

Kita tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi kita bisa membeli sepeda, dan itu adalah sesuatu yang mirip. Namun yang menjadi pertanyaan, sepeda seperti apakah yang sebaiknya kita beli?

Saat ini sepeda sudah berevolusi sedemikian rupa, sehingga bukan sekedar frame, roda, stang, dan pedal. Para pesepeda bersama peneliti, ahli mekanik, dan pabrikan telah mengembangkan jenis-jenis sepeda sehingga masing-masing terasa lebih nyaman dipakai di medan dan jalur yang berbeda. Oleh karenanya pertanyaan pertama saat kita akan membeli sepeda adalah: Akan dipakai di manakah sepeda itu?

“Setiap jenis sepeda memiliki spesifikasi dan peruntukan masing- masing. Beberapa jenis sepeda dikategorikan berdasarkan karakteristik medan yang dilalui,” ujar Shadrina Izzati, marketing Polygon Bikes Indonesia.

Mereka yang berniat memakainya di medan offroad, jalan berbatu, dan lintas alam akan lebih cocok menggunakan sepeda gunung. Umumnya sepeda ini memiliki ban lebih besar dan lebar serta dilengkapi shock. Bentuk framenya pun disesuaikan agar pengendaranya bisa bermanuver dengan mudah.

Sementara bila Anda ingin memakainya di jalan dengan aspal yang halus, pilihannya adalah road bike. Sepeda ini juga dikenal sebagai sepeda balap, dengan frame ringan dan ban halus. Bentuk frame road bike umumnya membuat pemakainya menunduk saat bersepeda untuk mengurangi hambatan angin.

Baca juga: Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Berhenti Olahraga

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X