Polygon Square One EX, Satu untuk Semua Medan

Kompas.com - 22/05/2017, 15:47 WIB
Polygon Square One EX. KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAPolygon Square One EX.
|
EditorWisnubrata

PASURUAN, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, tentunya menginginkan berbagai jenis sepeda untuk memenuhi hasrat menaklukkan segala medan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan sepeda yang bisa melibas semua medan, jawabannya adalah Polygon Square One EX.

Beruntung Kompas.com berkesempatan merasakan ketangkasan sepeda seri terbaru dengan travel 180mm dan ban 27,5 inci ini. Sepeda ini instimewa karena memiliki suspensi yang belum pernah ada sebelumnya.

Jika pada umumnya sepeda-sepeda dengan travel 180mm hanya nyaman digunakan untuk free ride. Namun, pada Square One EX, Anda akan merasakan sepeda ini bisa digowes di tanjakan dengan rasa travel 140mm, namun memiliki kemampuan free ride dan down hill yang juga mumpuni.

Anda akan merasakan, sistem suspensi maupun kinematik yang ada di dalamnya berbeda dengan sepeda lain. Square One EX dirancang dengan perpaduan konstruksi frame Polygon dengan suspensi yang dirancang NAILD untuk memberikan pengalaman bersepeda yang berbeda.

KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Suspensi belakang Polygon Square One EX.
Square One EX dirancang dengan konstruksi rear end yang lebih pendek, sehingga saat dipacu sepeda ini cukup tangguh mengatasi medan teknikal dan dapat melewati medan yang menikung dengan lebih cepat. Hal itu terasa saat Kompas.com mencobanya pada trek AM1 sepanjang 5,1 kilometer di Pamitra Bike Park Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pada trek ini, terdapat turunan-turunan curam dan tikungan yang patah kemudian menemui tanjakan. Saat memacu sepeda di turunan dengan kondisi berkelok dan berlanjut tanjakan, sepeda ini bisa menjaga tenaga kayuhan pengendaranya.

Square One EX menitikberatkan pada aspek gerakan badan pengendara dan gerakan mekanika tubuh untuk dapat menghasilkan sepeda dengan kontrol yang optimum.

Menurut Polygon, sepeda ini memberikan paradigma baru tentang pengalaman bersepeda, dimana mekanisme travel suspensi tidak lagi membatasi performa sebuah sepeda. Bila biasanya sepeda down hill hanya nyaman untuk turunan tapi berat di tanjakan, sepeda ini tidak demikian.

Square One dirancang mengikuti pergerakan dari rider. Di sepeda ini, Anda mengayuh dengan lebih efisien layaknya sepeda cross country bersuspensi 120mm dengan adanya dukungan sistem suspensi R3ACT-2Play.

Sepeda ini juga mampu menghilangkan efek bobbing yaitu efek ketika rantai menjadi mengendor dan juga mengencang karena adanya gerakan pada suspensi belakang yang mengakibatkan kayuhan Anda menjadi berat dan mengkonsumsi lebih banyak energi.

KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Mencoba Polygon Square One EX.
Ketika mencoba sepeda, yang sebelumnya selalu dilakukan adalah melakukan setting suspensi, setting rebound, maupun kompresinya. Namun, hal itu tidak berlaku di sepeda ini, karena pada dasarnya sepeda ini mempunyai kinematik yang bagus.

Reaksi dari kinematik sistem R3ACT-2Play saat dikendarai mengikuti bobot dari rider. Bahkan sepeda ini seolah bisa berfikir sendiri untuk melakukan koreksi saat terjadi kesalahan.

Jika Anda menginginkan untuk memilikinya, Anda harus bersabar. Karena Square One EX yang hadir dalam dua model yakni EX8 dan EX9 baru akan dirilis harganya pada 29 Mei 2017 mendatang.

Baca: Seri Terbaru Sepeda Polygon, Melibas Segala Medan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X