Ini Tips Merawat Sepeda Kesayangan Supaya Awet

Kompas.com - 23/05/2017, 16:16 WIB
Sepeda gunung melewati genangan air dan lumpur nullplusSepeda gunung melewati genangan air dan lumpur
|
EditorWisnubrata

PASURUAN, KOMPAS.com - Harga sepeda gunung memang tidak murah bagi orang yang berkantong pas-pasan. Namun bila Anda sudah memilih sepeda gunung untuk dijadikan hobi menembus jalur offroad yang penuh semak belukar atau bebatuan, Anda juga harus siap jika sepeda tersebut lecet atau bahkan rusak.

Product Development Manager Polygon Zendy M Renan dan atlet sepeda Yavento Ditra Pranata berbagi tipsnya agar sepeda yang kita miliki tetap terawat dengan baik dan mampu bertahan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Pertama, cucilah sepeda secara rutin. Sebelum mencuci, lepaskan dahulu semua aksesoris yang melekat di handle bar alias stang, seperti lampu, bel, speedometer dan lain-lain. Apabila sepeda Anda menggunakan rem V brakes maka lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipersnya.

Ke-dua, saat membersihkan rantai dan gir, gunakan lap basah yang sudah diberi sabun lalu putarkan pedal, dengan posisi kain lap menempel ke rantai hingga kotoran pada rantai rontok.

ZimaNady_klgd Mencuci sepeda
Ke-tiga, pergunakan air sabun dengan kain lap yang lembut untuk membersihkan bagian bawah frame, jangan lupa untuk lap secara merata keseluruhan bagian frame, stang depan, frame belakang dan frame depan. Bersihkan juga bagian penarik rem sepeda dan bagian kabel pemindah gigi sepeda.

Ke-empat, bersihkan roda sepeda dengan cara melepaskan kedua roda dari sepeda, kemudian bersihkan bagian roda depan dan roda belakang, khususnya pada bagian jari-jari dan cakram pada roda sepeda. Saat Anda akan memasang kembali roda sepeda, pastikan klip pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan benar.

Untuk memasang roda belakang, lakukan dengan hati-hati saat memasukkan gir belakang di antara mata rantai, kemudian tekan ke bawah hingga dapat masuk pada roda belakang dengan baik.

Baca: Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

MichalLudwiczak Mengeringkan sepeda dengan kain lembut dan kering
Ke-lima, cek putaran roda depan dan belakang, jika masih goyang mungkin jari-jari roda sepeda perlu di stel ulang. Bila Anda tidak dapat meperbaikinya sendiri, bawa sepeda ke bengkel agar jari-jari roda di stel ulang.

Ke-enam, cek sistem pengereman sepeda, cek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak bisa mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel, beri minyak pelumas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X