Kompas.com - 24/05/2017, 06:46 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali Anda takut berolahraga saat bulan puasa. Salah satu faktor penyebabnya adalah takut batal karena lemas atau kekurangan asupan makanan dan minuman. Bisa jadi, kondisi itu terjadi karena Anda salah dalam memilih waktu berolahraga.

National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dr Alia Basalamah, mengatakan ada waktu terbaik berolahraga saat bulan puasa. “Waltu terbaik untuk berolaharga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa,” kata Alia di Fitness First Platinum Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).

Anda bisa memilih di antara waktu tersebut untuk berolahraga. Bila tak sempat sebelum buka puasa, maka bisa memilih setelah buka puasa. Olahraga di waktu terbaik itu untuk membantu rehidrasi.

Alia menambahkan latihan sebelum dan setelah berbuka memiliki perbedaan. Bila sebelum, intensitas olahraga harus lebih rendah daripada setelah berbuka. “Karena setelah berbuka badan itu akan intake lagi. Dapat rehidrasi yang baik, asupan yang baik,” kata Alia.

Prinsip ini juga diterapkan oleh Abdoullah Mitichie, salah satu Fitness First Performance Team. Abdoul yang merupakan karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi ini menyempatkan diri berolahraga sebelum berbuka puasa.

Olahraga yang dilakukan sebelum berbuka dengan intensitas ringan seperti berenang. “Intensitas ini berbeda bila saya tidak puasa,” kata Abdoul.

Baca: Kiat Tangkal Bau Mulut selama Bulan Puasa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.