Kompas.com - 24/05/2017, 09:11 WIB
Lari di jalur menanjak memerlukan usaha lebih keras lzfLari di jalur menanjak memerlukan usaha lebih keras
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga saat bulan puasa bisa menjaga kebugaran tubuh. Namun, tak sedikit yang melakukan kesalahan saat olahraga pada bulan puasa.

National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dr Alia Basalamah, mengatakan ada tiga kesalahan yang biasa terjadi saat olahraga pada bulan puasa.

Pertama adalah makan dalam porsi banyak saat berbuka puasa. Perlu Anda ketahui semakin banyak porsi saat buka puasa, maka waktu olahraga harus mundur. Makan dalam porsi banyak membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencerna.

“Kalau habis makan dalam porsi besar, kita tak bisa latihan 30-60 menit setelah buka puasa. Karena pasti akan memengaruhi saat latihan. Bisa sakit atau kram,” kata Alia di Fitness First Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).

Kesalahan kedua adalah tidak sahur. Tak sedikit yang melewatkan sahur saat bulan puasa. Mereka memilih untuk makan di malam hari dan langsung bangun setelah subuh. Tubuh dibiarkan puasa selama 13 jam lebih.

“Sehingga saat mau latihan sebelum buka puasa, mulai pusing, gak kuat karena sudah puasa lebih dari 13 jam,” kata dia.

Kesalahan ketiga adalah intensitas latihan. Bagi orang yang terbiasa dengan gaya hidup olahraga, mereka akan merasa kurang enak bila tak berolahraga. Mulai dari perasaan berantakan hingga kerap marah-marah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa intenstas olahraga di bulan puasa tidak bisa sama seperti biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Intensitas harus disesuaikan, tidak boleh sama atau pun tinggi. Badannya tidak siap, karena badan masih beradaptasi dengan siklus yang baru,” kata dia.

Baca: Puasa untuk Umur Lebih Panjang



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X