Kompas.com - 26/05/2017, 11:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kebiasaan makan anak sejak kecil tidak hanya berkaitan dengan status gizinya, tapi juga berpengaruh pada rasa percaya diri anak.

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah ketika ia mulai mandiri dan bisa melakukan berbagai hal sendiri. Misalnya saja saat anak mulai berumur satu tahun sudah tidak mau lagi digendong atau ingin makan sendiri.

Sayangnya, kebanyakan orangtua atau pengasuh tidak sabar bila harus menunggu anak menghabiskan makanannya, belum lagi makanan yang tercecer dan berantakan karena anak belum mahir memakai sendok. Karenanya anak sejak kecil sudah terbiasa disuapi.

Memasukkan benda ke mulut sebenarnya sudah dilakukan anak sejak usia 5-6 bulan. Itu berarti, ketika sudah mendapat makanan pendamping ASI (MPASI) sebenarnya anak bisa dilatih untuk makan sendiri.

“Memberikan makanan tak sekadar memberi saja, proses pemberian makanan itu berharga, termasuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak,” kata dr. Tjhin Wiguna, Sp.KJ (K) disela acara peluncuran Celerac Nutripuffs dari Nestlé di Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2017).

Melatih anak makan sendiri bisa dimulai dari mengonsumsi camilan. "Ini dapat meningkatkan kemampuan jemari atau motorik halus anak," ujarnya.

Ia mengatakan, kemampuan motorik halus anak merupakan bekal bagi kemampuannya menulis atau melakukan pekerjaan rumit lain menggunakan jari tangan.

 

Tjhin mengatakan usia tujuh bulan hingga dua tahun merupakan momen krusial untuk perkembangan motorik halus anak. Perkembangan ini merupakan keterampilan fisik menggunakan otot halus, yang mengkoordinasikan antara mata dengan tangan.

Anak dengan kemampuan motorik halus bagus tidak akan salah mengambil barang, “Ada anak yang koordinasi tidak baik, barang ada di depan, tangannya bisa diambil ke sana (arah lain),” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.