Kompas.com - 28/05/2017, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anjing termasuk dalam hewan peliharaan yang jadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Bukan hanya cerdas, anjing juga lucu, setia, dan dianggap bisa memahami perasaan pemiliknya.

Bila Anda juga tertarik memelihara anjing, ketahui dulu tiga kesalahan tersering para penyayang binatang sehingga bisa menghindarinya.

1. Ikut tren

Tak sedikit orang yang memelihara anjing karena mengikuti tren. Misalnya, memilih jenis anjing tertentu karena saat itu sedang tren. Aktivis pecinta hewan, Melanie Subono, mencontohkan perilaku mengikuti tren ini terjadi ketika penyanyi Selena Gomez memiliki anjing. Banyak yang kemudian tertarik memelihara anjing yang sama.

“ (Tapi) enggak cocok di sini, karena panas. Selena Gomez juga punya duit miliaran buat membayar trainer,” kata Melanie kepada Kompas Lifestyle di acara Pets Day Out di Tangerang, Sabtu (27/5/2017).

Thomas, aktivis pencinta hewan, juga membenarkan banyak orang yang ikut memelihara anjing karena merasa banyak uang. “Anjing itu enggak butuh orang kaya, dia setia kok,” ucapnya.

2. Dianggap hobi

Melanie menentang keras bila ada anggapan memilihara anjing sebagai hobi. Sebab, bila dianggap hobi, maka akan timbul rasa bosan dan beralih ke hobi yang baru. “Ini mahluk hidup loh,” tandas Melanie.

Oleh karena itu, dia berharap pemilik bertanggungjawab terhadap anjing mereka dan menganggapnya seperti mahluk hidup lain yang bernafas, serta perlu dirawat. "Perlakukan seperti Anda memperlakukan mahluk hidup lain," ujarnya.

3. Tidak siap

Mereka yang memilihara anjing kerap kali tidak siap, setelah beberapa waktu ternyata kewalahan. Bahkan, mereka menganggap anjing mereka tak sesuai ekspetasi. Menurut Melanie, kesalahan ini kerap terjadi karena ketidaktahuan pemilik.

Dia mencontohkan seseorang yang memilihara anjing pitbull harus juga bergerak aktif karena energi anjing jenis ini sangat banyak. “Banyak orang komplain dan bingung, kok pitbul saya gigitin semua,” kata Melanie.

Melanie mengingatkan bahwa anjing memiliki karakteristik berbeda-beda. Bila ingin memelihara, sesuaikan dengan karakter Anda. “Kalau orangnya malas, sakit-sakitan, cari anjing tua yang enggak perlu banyak olahraga. Jadi intinya semua sesuaikan karena kitalah leader mereka,” kata Melanie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.