Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2017, 16:00 WIB

Kemeja putih boleh dibilang salah satu baju wajib yang harus tersedia di lemari siapa pun, laki-laki ataupun perempuan. Kemeja putih seperti elemen dasar mode yang siap berpadu padan dengan apa pun untuk kesan kasual ataupun formal. Tak heran, kemeja putih dianggap sebagai versatile item dalam koleksi busana kita.

Namun, makna atasan uniseks ini menjadi berbeda ketika dari selembar kemeja putih mampu memberi daya hidup yang lebih pada anak-anak yang kurang mampu.

One Fine Sky, sebuah proyek sosial yang digagas oleh Yuni Jie, Claudia Halim, dan Amanda Witdarmono menawarkan koleksi kemeja putih basic yang hasil penjualannya dikonversi menjadi satu set seragam untuk anak-anak sekolah dasar, yakni kemeja, bawahan, topi, dan dasi.

Proyek sosial ini sempat digelar menjadi pameran fotografi awal bulan ini di Pacific Place, Jakarta. Sederet pesohor dipotret oleh fotografer Indra Leonardi dalam balutan kemeja putih keluaran One Fine Sky.

Para pesohor dengan berbagai latar belakang itu, misalnya, Adrian Gan, Ayla Dimitri, Becky Tumewu, Didi Budiardjo, Eddy Betty, Iwet Ramadhan, Jo Elaine, Laudya Cynthia Bella, Reza Rahardian, Rinaldy Yunardi, serta Winda Malika Siregar.

Kemeja putih garapan One Fine Sky ini berbahan katun lembut dan halus dengan bordiran logo awan di dada kiri. Pilihan untuk padu padan amat lebar, mulai dari celana jins panjang ataupun pendek, celana kain, juga rok dalam aneka siluet. Aksen seperti scarf pun bisa ditambahkan sebagai pemanis.

Proyek sosial ini didorong oleh kenyataan yang masih kerap ditemui di beberapa daerah di Indonesia, keluarga tak mampu kerap masih kesulitan menyekolahkan anak-anaknya sekalipun uang sekolah telah digratiskan. Sebab, orangtua bagaimanapun harus tetap mengupayakan biaya untuk keperluan penunjang, mulai dari seragam sekolah, sepatu, buku-buku tulis, juga perlengkapan alat tulis.

Hasil dari gelombang pertama proyek sosial ini akan disalurkan untuk Komunitas Anak Nelayan, sebuah komunitas anak-anak Nelayan di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Gelombang proyek berikutnya One Fine Sky akan berupaya menjangkau wilayah-wilayah lain di Indonesia, baik melalui guru-guru maupun sekolah.

Di setiap lembar kemeja putih yang dibeli itu, tampak tersemat kartu label ucapan terima kasih yang berbunyi "Thank you for the uniform. I feel more proud going to school now...." (SF)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Mei 2017, di halaman 20 dengan judul "Kemeja Putih yang Abadi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com