Jangan Buang Kulit Pisang, Ketahui Apa Saja Manfaatnya

Kompas.com - 30/05/2017, 03:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain dimakan langsung, buah pisang menjadi favorit sebagai campuran untuk membuat smoothie atau oat. Jika Anda sering menggunakan pisang organik, sebaiknya jangan buang kulit pisang.

Ketahui alasan sehat mengapa kulit pisang bisa bermanfaat bagi tubuh.

- Kulit pisang diketahui mengandung vitamin A dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin tersebut juga bisa membantu mencegah katarak dan penyakit mata akibat penuaan, degenerasi makular.

- Kandungan lain yang terdapat dalam kulit pisang adalah triptophan dan peningkat hormon serotonin yang bisa memperbaiki mood. Kadar kedua zat tersebut akan meningkat saat pisang sudah matang.

- Buah pisang terkenal sebagai sumber potasium. Ternyata, mineral itu banyak terdapat di dalam kulit pisang. Potasium akan berpadu dengan sodium untuk keseimbangan cairan dan elektrolit, mengatur denyut jantung, dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

- Konsentrasi antioksidan juga cukup tinggi di dalam kulit pisang. Seperti diketahui, antioksidan bisa membantu mencegah kanker.

- Seperti halnya pada buah apel, kulit pisang juga mengandung serat yang larut dan tidak larut dalam air. Manfaatnya adalah memperlambat pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Keduanya sangat penting jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X