Kompas.com - 30/05/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mungkin Anda menghindari kartu kredit dan lebih suka mendebet langsung pembayaran dari rekening Anda. Padahal, membayar dengan kartu kredit memiliki banyak kelebihan, salah satunya adanya rewards yang bisa ditukar dengan beragam bonus.

Rewards yang banyak ditawarkan bank penerbit kartu kredit sangat beragam, mulai dari ditukar dengan produk pilihan di outlet yang bekerja sama, poin undian, voucher hotel, sampai tiket penerbangan cuma-cuma.

Syaratnya adalah mengumpulkan poin rewards sebanyak-banyaknya dengan cara melakukan pembayaran memakai kartu ini. Tak perlu takut menggunakan kartu kredit, asalkan kita tertib membayarnya sesuai tagihan setiap bulan.

Berikut adalah empat cara menambah poin reward kartu kredit Anda.

1. Membayar pakai kartu
Hampir setiap transaksi, mulai dari belanja bulanan, belanja produk kosmetik, sampai pesan makanan di resto favorit, bisa dibayar dengan kartu kredit.

Tentu saja kartu kredit bukanlah pengganti uang yang bebas dipakai tanpa batas. Selalu tetapkan anggaran pengeluaran perbulan dan bayarlah tagihan kartu kredit sampai lunas. Pembayaran dengan kartu kredit bukan cuma membuat kita jadi jarang ke ATM tapi juga memudahkan kita melacak setiap pengeluaran.

2. Jangan bagi tagihan
Jika Anda dan geng sahabat sering makan bersama, biarkan Anda saja yang membayar dengan kartu kredit dan teman-teman membayar tunai sesuai tagihannya. Dengan demikian poin rewards Anda bertambah, padahal total belanja Anda tidak besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Strategi yang sama juga bisa dilakukan untuk membeli tiket konser atau tiket pesawat saat Anda akan pergi bersama beberapa teman.

3. Bayar berbagai tagihan
Keuntungan lain dari penggunaan kartu kredit adalah bisa membayar berbagai tagihan bulanan, misalnya rekening listrik, telepon, internet, asuransi, atau televisi berbayar. Kuncinya adalah Anda disiplin membayar sesuai tagihan kartu kredit setiap bulan.

Ada beberapa bank yang memberikan biaya administrasi untuk setiap transaksi kartu kredit, karena itu pastikan dulu ke bank penerbit kartu Anda.

4. Traveling cerdas
Manfaatkan kartu kredit saat Anda sedang berlibur, mulai dari pesan tiket pesawat, hotel, sampai membayar makanan di restoran. Membayar dengan kartu kredit sebenarnya juga lebih aman dibanding tunai.

Kartu kredit yang hilang atau dicuri juga dengan mudah kita tutup atau blokir. Berbeda halnya jika uang di dompet Anda yang hilang. Anda pun akan lebih merasa nyaman dan rileks saat liburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.