Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memanjangkan Rambut

Kompas.com - 30/05/2017, 17:25 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber menshealth

Rambut panjang bisa membuat penampilan menjadi keren bagi sebagian pria. Namun untuk mencapai panjang yang sesuai, kita harus melewat fase yang tidak keren, dan bagian inilah yang harus diakali agar nilai penampilan kita tidak berkurang.

Beberapa orang memang dengan cuek berhenti mengunjungi barbershop atau tempat cukur langganannya dan menunggu hingga rambutnya panjang. Mungkin mereka termasuk orang-orang yang tetap merasa ganteng walau gaya rambutnya menggelikan. Namun bila Anda tidak cukup percaya diri, Anda butuh strategi. Berikut tiga pendekatan untuk memanjangkan rambut tanpa merusak penampilan.

Merencanakan tampilan Anda

Sebelum memanjangkan rambut, bayangkanlah akan seperti apa penampilan Anda nanti dan seberapa panjang rambut akan dibiarkan tumbuh.

Brad Pitt dalam Legends of the Falls
Kebanyakan orang memang tidak peduli pada hal ini. Mereka hanya mencoba saja, yang penting panjang. Padahal penting untuk memiliki model yang ingin ditiru agar kita bisa membayangkan apakah muka kita nanti cocok dengan rambut seperti itu, dan apakah kita bisa memiliki gaya serupa.

Anda misalnya ingin seperti Brad Pitt dalam film Legends of The Falls, namun rambut Anda keriting. Maka lupakanlah gaya itu. Lebih baik beralih ke kaya gitaris Guns’n’Roses, Slash. Atau bila rambut Anda berombak, bayangkanlah tampilan Daniel Day Lewis dalam The Last of The Mohicans. Namun ingat juga, apakah wajah Anda akan mendukungnya. Intinya kenalilah jenis rambut Anda.

Panjang di atas, pendek di samping

Memanjangkan rambut bukan berarti kita absen ke barbershop sama sekali. Alasannya, merapikan rambut dengan memotongnya di bagian tertentu akan membuat penampilan kita tetap rapi sembari menunggu rambut panjang merata.

Johnny Depp
“Solusi sementara adalah potongan model undercut. Yakni merapikan bagian samping dan belakang, namun membiarkan rambut di bagian atas tetap tumbuh memanjang,” ujar Daniel Alfonso pemilik salon pria di Los Angeles.

Setelah rambut bagian atas memiliki panjang yang sampai leher, sehingga panjangnya seolah merata di semua bagian, maka kita akan terlepas dari tampilan aneh. Dari tahap itu, bolehlah kita membiarkan rambut terus memanjang.

Ganti gaya di masa tanggung

Pilihan lain untuk mengakali masa di mana rambut kita memiliki panjang yang tanggung adalah dengan berganti-ganti gaya dan penampilan sesuai panjang rambut.

Digital Vision Pria berambut panjang
Saat masih belum panjang, kita bisa menyisirnya ke belakang seperti gaya Al Pacino dalam film gangsternya. Sedikit lebih panjang, tatalah seperti Brad Pitt dengan rambut sedang, lalu sedikit panjang lagi, tirulah Johnny Depp. Setelah itu kita memiliki penampilan seperti rocker tahun 80-an, dan kemudian sangat panjang seperti rocker tahun 90-an.

Kemudian terserah Anda, apakah merasa nyaman dengan penampilan itu, atau menemukan fase paling nyaman di antaranya. Seandainya nyaman, rasa itu akan membuat Anda menjadi lebih keren dan bisa jadi mendapat pujian dari banyak orang. Atau, bila tidak terlalu cocok, paling orang akan bertanya apakah Anda tidak punya uang untuk bercukur…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com