Kompas.com - 31/05/2017, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Siapa pun tak akan suka jika diejek dengan sebutan atau julukan yang tidak mengenakkan. Namun, ejekan bisa dialami siapa saja, termasuk pada anak. Apa yang sebaiknya dilakukan orangtua ketika si buah hati mengadu karena ejekan teman-temannya?

Sebelum ikut emosi mendengar keluh kesah anak, tunjukkan empati Anda kepada anak dengan mendengarkan keluhannya dan tanyakan apa alasan teman-temannya mengejek. Misalnya, ketika si kecil diejek gendut atau jelek, tanyakan apakah menurutnya ejekan itu benar atau salah.

Agar kepercayaan diri anak tumbuh kembali, besarkan hati anak dengan menunjukkan kelebihan yang ia miliki, seperti sifatnya yang ramah, rajin belajar, atau pintar bernyanyi. Bila anak diejek karena bentuk fisiknya yang gemuk misalnya, ajak anak lebih aktif bergerak untuk membakar kelebihan lemak.

Orangtua sebaiknya tidak meremehkan ejekan yang diterima anak di sekolah atau lingkungan rumah karena hal itu bisa membuat kepercayaan diri anak jatuh dan menurunkan semangatnya untuk bersekolah atau berteman.

Anda juga berhak mengajak bicara teman-teman anak yang mengejek. Sebagai orang dewasa, tentu Anda perlu menunjukan kematangan dengan menasehati sesuai tingkat pemahaman anak.

Jika kejadiannya di sekolah dan hal ini membuat anak murung, sampaikan permasalahan ini kepada guru.

Tak ada salahnya jika Anda berbicara langsung dengan orangtua anak yang suka mengejek sebagai langkah pencegahan agar tidak berkembang menjadi lebih buruk. Walau respon orangtua anak tersebut belum tentu baik, tetapi paling tidak mereka mengetahui perilaku buruk anaknya sehingga bisa memberi nasihat agar sikapnya berubah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.