Ajarkan Anak Mencintai Kehidupan dan Peduli pada Bumi

Kompas.com - 02/06/2017, 17:51 WIB
Mengajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun SasiistockMengajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Sebagai orangtua, kewajiban kitalah untuk mengajarkan pemahaman pada anak-anak soal pentingnya menjaga lingkungan dan Bumi agar menjadi tempat yang menyenangkan. Namun kita tahu, membuat anak tertarik soal lingkungan bukanlah hal yang mudah. Lalu bagaimana kita bisa mengajarkan kepada anak-anak mengapa mereka harus peduli pada planet ini? Tips berikut mungkin bisa membantu.

Luangkan waktu di alam bebas

Cara terbaik agar anak-anak menghargai planet ini adalah dengan mengajak mereka berkegiatan di luar ruang.

Penting untuk mengajak anak ke alam bebas sesering mungkin. Bagi orangtua bekerja, waktu tentu menjadi hambatan. Namun cobalah merencanakan jalan-jalan melihat alam seminggu sekali. Pikirkan aktivitas belajar sekaligus bersenang-senang yang bisa dilakukan bersama anak-anak di luar ruangan.

Sasiistock Anak berhujan-hujan di luar ruangan
Anda tidak harus mendaki gunung atau menyusuri sungai kalau itu terlalu menantang. Cukuplah ajak anak ke toko membeli panggung tempat menaruh makanan burung dan memasangnya di halaman Anda. Lalu bersama mereka mengamati burung-burung yang datang, atau hewan-hewan lain di lingkungan tempat tinggal Anda.

Dengan melihat bahwa ada makhluk lain di sekitar mereka, anak-anak akan memiliki rasa cinta lebih besar pada lingkungan.

Jadikan mudah dipahami oleh anak

Kadang-kadang bagian tersulit menjadikan anak tertarik dan peduli pada lingkungan adalah membuat mereka paham mengapa hal itu penting.

Karenanya jelaskan hal yang kompleks mengenai lingkungan, misalnya perubahan iklim, dengan cara yang mudah dimengerti. Walau itu merupakan topik yang berat, percayalah, anak-anak cukup cerdas untuk memahaminya.

Bila Anda berniat menjelaskan soal efek rumah kaca misalnya, Anda bisa menggunakan akuarium kecil yang dibalik dan dijemur di bawah sinar matahari. Letakkan termometer di dalam dan di luar akuarium itu. Tunjukkan pada anak bahwa suhu di dalam akuarium akan lebih tinggi. Lalu jelaskan bahwa hal serupa juga terjadi di Bumi kita karena ada gas-gas yang terjebak di atmosfer, sehingga Bumi makin panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Spruce
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X